Selasa 15 Aug 2017 09:32 WIB

Sempat Hilang Kontak, TKW Sukabumi Ditemukan di Arab Saudi

Rep: Riga Iman/ Red: Indira Rezkisari
Tenaga Kerja Wanita. (Ilustrasi)
Foto: Yudi Mahatma/Antara
Tenaga Kerja Wanita. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang sempat dikabarkan hilang kontak akhirnya diketemukan. Kini, petugas tengah mengupayakan upaya pemulangan buruh migran tersebut ke Indonesia.

Informasi dari Serikat Buruh Imigran Indonesia (SBMI) menyebutkan, buruh migran ini adalah Siti Rohmah (33 tahun) warga Kampung Tangkolo, Desa Cibuntu RT 26 RW 06 Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi. Saat ini TKW tersebut masih berada di Arab Saudi.

''TKW ini sempat hilang kontak dan kini sudah diketemukan dalam proses mediasi dengan majikan,'' ujar Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jawa Barat Jejen Nurjanah kepada wartawan Selasa (15/8). Ia menerangkan Siti berangkat ke Arab Saudi sejak 2007 lalu.

Menurut Jejen, Siti sempat mengalami hilang kontak dengan keluarga. Namun, pada 2017 ini sudah berhasil dihubungi dan tengah dalam proses mediasi dengan majikannya di Arab Saudi.

 

Jejen menerangkan, keluarga menuntut sejumlah hal kepada majikan. Diantaranya meminta Siti segera dipulangkan ke Tanah Air, kemudahan komunikasi dengan keluarga, dan pembayaran gaji.

Diterangkan Jejen, hingga kini Siti masih menuntut hak pembayaran gaji selama 54 bulan kepada majikannya. Dari pengakuan Siti kepada keluarga lanjut dia tidak ada tindakan kekerasan yang dilakukan majikan kepadanya. Sehingga kata dia keluarga hanya menuntut Siti dipulangkan dan hak-haknya dipenuhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement