Sabtu 12 Aug 2017 07:26 WIB

DPR RI Kunjungi Islandia untuk Jajaki Kerja Sama Panas Bumi

Petugas memeriksa fasilitas produksi energi panas bumi di sumur produksi Cluster D PT. Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu, Tanggamus, lampung, Jumat (16/6).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas memeriksa fasilitas produksi energi panas bumi di sumur produksi Cluster D PT. Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu, Tanggamus, lampung, Jumat (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Presiden Islandia dengan antusias menyambut hangat kunjungan delegasi DPR-RI ke Islandia dan sepakat untuk meningkatkan hubungan kedua negara di berbagai bidang, khususnya energi baru dan terbarukan geothermal yang menjadi ikon di Islandia. Dubes RI untuk Republik Islandia Yuwono A Putranto berharap kunjungan delegasi DPR RI ke Islandia semakin meningkatkan hubungan antar parlemen kedua negara, sekaligus menguatkan hubungan yang  terjalin selama ini pada tataran G-to-G maupun B-to-B.

Pelaksana Fungsi Ekonomi I KBRI Oslo Wisnu Lombar Dwinanto menyebutkan pada Sabtu (12/8) delegasi DPR RI dipimpin Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Dr Agus Hermanto, melakukan kunjungan muhibah ke Islandia 8-12 Agustus 2O17. Anggota DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja yaitu Satya Widya Yudha (F Golkar), Jazuli Juwaini (F PKS), Kurtubi (F Nasdem), Kardaya Warnika (F Gerindra), Agung Budi Santoso (F Demokrat), Aliyah Mustika Ilham (F Demokrat), Rooslynda Marpaung (F Demokrat) dan Sayed Abubakar A Asseggaf (F Demokrat).

Dalam kunjungan delegasi DPR RI juga ikut pejabat Kementerian ESDM RI dan direksi sejumlah BUMN dan perusahaan jasa konsultan di bidang energi dan infrastruktur, sepertI PT. Pertamina Geothermal Energi (PGE). Selanjutnya PT PLN Geothermal, PT Geo Dipa Energi, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan AMETIS Institute. Selama kunjungan, delegasi DPR RI didampingi Dubes RI untuk Republik Islandia berkedudukan di Oslo, Yuwono A. Putranto.

Sebelumnya delegasi DPR RI bertemu dengan Parlemen Islandia diterima secara hangat oleh Ketua Parlemen Islandia, Unnur Brá Konráðsdóttir, didampingi Ketua Komite Lingkungan Hidup dan Komunikasi Parlemen Islandia, Valgerður Gunnarsdóttir, Dubes Islandia untuk Indonesia berkedudukan di Tokyo (Jepang), Hannes Heimisson.

Dalam kesempatan itu Dr Agus Hermanto  dan anggota delegasi bertukar pendapat mengenai peran parlemen dan proses legislatif terkait upaya pengelolaan geothermal dan sumber daya perikanan. Delegasi DPR RI juga melakukan pertemuan dengan akademisi serta sejumlah perusahaan dan pelaku industri di sektor energi geothermal dan perikanan menjadi sektor andalan Islandia.

Dalam pertemuan dengan Management Board UNU-GTP terdapat sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di UNU-GTP Dubes RI untuk Republik Islandia yang berkedudukan di Oslo. Yuwono A Putranto mengatakan sambutan hangat dan antusiasme dari Ketua Parlemen Islandia, Presiden Islandia, para petinggi dan direksi dari lembaga/industri geothermal dan perikanan Islandia atas kunjungan delegasi DPR RI tersebut, optimis hubungan kedua negara akan semakin menguat, baik di tingkat pemerintah maupun parlemen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement