Jumat 11 Aug 2017 19:47 WIB

Presiden Jokowi akan Buka Raimuna Nasional Pramuka

Presiden Joko Widodo
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka pada 14 Agustus mendatang di Cibubur, Bogor, Jawa Barat. Jokowi juga berharap Raimuna Nasional Pramuka dapat terselenggara dengan sukses.

"Saya akan datang lebih awal pada 14 Agustus 2017 ke Cibubur. Selamat Hari Pramuka ke-56 dan mari kita sukseskan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka," kata Jokowi lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (11/8).

Pernyataan Presiden RI tersebut keluar seiring pertemuan Jokowi dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Istana Negara pada Kamis (10/8).

Adhyaksa mengatakan kegiatan Pramuka akan dihadiri 15 ribu Pramuka usia 17-25 tahun dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten se-Indonesia. Kontingen yang sudah hadir di antarnaya Nusa Tenggara Timur, Papua, Aceh, Maluku dan lain-lain.

Dia menjelaskan kata "raimuna" yang diambil dari bahasa Ambai, Yapen, Papua. "Rai" berarti sekelompok orang dan "muna" adalah daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

Raimuna berarti sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

"Peserta Raimuna Nasional XI adalah Pramuka pilihan di daerahnya yang telah lolos seleksi. Mereka jauh-jauh datang dari daerahnya untuk melihat langsung Indonesia dengan indahnya kebhinekaanya. Menariknya, seluruh panitia Raimuna ini adalah anak-anak muda yang usianya relatif sama dengan peserta," kata Adhyaksa.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Slamet Budi Prayitno menyampaikan Raimuna Nasional mengajarkan kepada 15 ribu peserta tentang Pancasila yang salah satunya berisi soal kebhinekaan dengan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan.

Seluruh perencanaan dan pelaksanaan dilakukan oleh anak-anak muda, mereka rapat siang malam karena ini kegiatan luar ruangan.

"Setelah Raimuna Nasional, seluruh peserta akan mendapatkan teman baru yang berbeda suku, agama dari seluruh Indonesia. Perkemahan merupakan salah satu kegiatan andalan Pramuka untuk semakin merekatkan NKRI," kata Budi.

Dalam acara Raimuna Nasional nantinya akan ada sejumlah tokoh nasional yang menjadi pembicara. Mereka di antaranya Try Sutrisno, Chairul Tanjung, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala BNN Budi Waseso.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement