Ahad 06 Aug 2017 23:20 WIB

Pemuda Indramayu Galang Dana untuk Palestina

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Aksi masyarakat Muslim Indramayu untuk menggalang dana bagi rakyat Palestina Ahad (6/8)
Foto: Istimewa
Aksi masyarakat Muslim Indramayu untuk menggalang dana bagi rakyat Palestina Ahad (6/8)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sedikitnya 500 massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Cinta Al-Aqsa Indramayu melakukan aksi peduli Masjid Al Aqsa Palestina, Ahad (6/7). Mereka pun mengajak seluruh Muslim terutama yang ada di Kabupaten Indramayu untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

 

Aksi itu dilakukan dengan berjalan kaki mengelilingi berbagai sudut Kota Indramayu mulai dari Masjid Agung - Pasar Mambo - Sport Center - Gedung DPRD - di Alun-alun Indamayu. Dalam kesempatan itu, mereka juga melakukan penggalangan dana untuk Palestina.

 

Aliansi ini terdiri atas beberapa organisasi dan komunitas. "Mereka menyatakan bahwa mereka adalah pemuda yang mencintai Masjid Al-Aqsa Palestina," ujar korlap aksi, Fajar Romadhon.

 

Fajar menyebutkan, aksi itu diadakan untuk menyadarkan masyarakat Muslim Indramayu bahwa masih ada saudara sesama Muslim yang belum merdeka secara hakiki di Palestina. Para Muslim di Palestina, Fajar mengatakan, sangat membutuhkan bantuan dan dukungan dari Muslim lainnya.

 

Dengan adanya aksi tersebut, Muslim di Indramayu dan Indonesia secara keseluruhan bisa menyadari bahwa apa yang diderita Palestina hakikatnya penderitaan bagi seluruh Muslim. Selain itu, penjajahan yang dilakukan zionis Yahudi juga merupakan bentuk kebiadaban dan pelanggaran terhadap hakasasi manusia (HAM).

 

Fajar menambahkan, masyarakat pun harus sadar bahwa kondisi Palestina bukan hanya tanggung jawab umat Islam semata. Tapi juga seluruh manusia. Pasalnya, di sana telah terjadi tragedi kemanusiaan paling biadab dan paling mencoreng nama kemanusiaan serta HAM.

 

Fajar berharap, masyarakat Indonesiaterus mendukung kemerdekaan Palestina sesuai amanah konstitusi. Dia menegaskan, penjajahan yang dilakukan zionis Yahudi harus dihapuskan dari dunia. "Masyarakat Indonesia harus menjadi pelopor pendukung kemerdekaan Palestina sebagaimana semangat yang digelorakan Presiden RI pertama, Bung Karno," tegas Fajar.

 

Sementara itu, dari hasil penggalangan dana selama aksi yang berlangsung pukul 06.30 WIB hingga 12.00 WIB itu terkumpul Rp 12.532.800. Uang tersebut akan dikirimkan ke Palestina melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

 

Aksi itu juga akan dilanjutkan dengan acara Konser Amal yang rencananya diselenggarakan pada 13 Agustus 2017 di Gedung PGRI Indramayu. Konser untuk mencari donasi bagi warga Palestina itu rencananya juga akan dihadiri Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, Bupati Indramayu, Anna Sophanah dan menampilkan sejumlah artis papan atas Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement