Kamis 03 Aug 2017 14:41 WIB

Pemerintah Gelar Dua Agenda Penguatan Pancasila Bulan Ini

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita
KH Maruf Amin, Mahfud MD, dan Yudi Latief (dari kanan) berbincang sebelu pengambilan sumpah saat pelantikan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
KH Maruf Amin, Mahfud MD, dan Yudi Latief (dari kanan) berbincang sebelu pengambilan sumpah saat pelantikan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) akan ikut menjalankan program dalam menyambut bulan kemerdekaan. UKP-PIP menyiapkan dua agenda untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila pada bulan kemerdekaan ini. 

Ketua UKP-PIP Yudi Latief mengatakan UKP-PIP telah melakukan koordinasi dengan Presiden Joko Widodo terkait sejumlah program yang akan diselenggarakan. Program ini diharap menjadi titik awal UKP-PIP dalam melaksanakan tugas kelembagaan yang diemban.

"Program yang akan kami gulirkan saat ini memiliki tema Pancasila sebagai Inspirasi Maju," kata Yudi usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (3/8).

UKP-PIP memilliki dua program yang salah satunya bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Yudi menjelaskan, program pertama akan berlangsung pada 11-12 Agustus. 

Pada kegiatan ini, Kemenristekdikti akan mengumpulkan perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mengikuti suatu proses penguatan pendidikan pancasila di lingkungan perguruan tinggi. Kegiatan ini rencananya akan diadakan di Istana Bogor.

Dia berharap agenda yang dirancang bersama ini menjadi percontohan program di sektor pendidikan dan kelembagaan lain, yang mampu meningkatkan kesadaran akan berpancasila. Dalam acara ini, ada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan unsur kreatifitas, permainan, diskusi, dan keteladanan. 

Dia mengharapkan unsur-unsur tersebut mampu memberikan pembelajaran pancasila yang lebih menyenangkan sehingga mampu menjadi inspirasi bagi kemajuan mahasiswa tersebut dan di sekitarnya. 

Setelah pekan mahasiswa di Istana Bogor, UKP-PIP pun akan mengadakan acara sejenis yang lebih bersifat festival di Jakarta. Acara ini dengan membuat acara musik dengan berbagai stand yang menampilkan berbagai ikon mulai dari olahragawan, seni, sosialpreuneur, hingga sains. 

"Kami akan siapakan 71 ikon untuk memeriahkan kegiatan ini. Macamnya banyak sesuai dengan pekerjaan dan apa yang dilakukan pada ikon tersebut," ujar Yudi.

Dengan tema keseluruhan yakni Pancasila Sebagai Inspirasi Maju, UKP-PIP mendorong agar masyarakat khususnya kaum pelajar lebih paham bahwa dengan mengaplikasan makna Pancasila agar Indonesia bisa lebih maju.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement