Rabu 26 Jul 2017 15:50 WIB

Enam Titik Panas Terpantau di Sumbar

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
Titik panas kebakaran lahan di Sumatra.
Foto: ANTARA
Titik panas kebakaran lahan di Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG - Hingga Selasa (25/7) malam, sebanyak enam titik panas atau hotspot terpantau muncul di Sumatra Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatra Barat menyebutkan, titik panas yang terpantau terdapat di Pesisir Selatan sebanyak 1 titik yakni di Batang Kapas dengan tingkat kepercayaan 70-80 persen.

Berikutnya, Dharmasraya terdapat di 4 titik tersebar di Koto Baru dan Pulau Punjung dengan tingkat kepercataan 60-70 persen, dan Solok dengan satu titik yakni di Sangir.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi (BMKG) Minangkabau Padang Budi Iman Samiaji mengungkapkan, dari pantauan pergerakan partikel atau trayektori partikel, maka diketahui asap dari titik panas berpotensi bergerak dari tenggara menuju utara.

Sementara itu, BMKG juga mencatat adanya sejumlah titik panas di provinsi lainnya di Sumatra. Bengkulu misalnya, terpantau terdapat 4 titik panas, Jambi 8 titik panas, Bangka Beliting 5 titik panas, Lampung 9 titik panas, dan Riau 6 titik panas.

"Namun, pantauan satelit cuaca malam hari terpantau awan awan hujan di Lima Puluh Kota, sebagian Sijunjung, dan Sawahlunto," kata Budi, Selasa (25/7) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement