Selasa 18 Jul 2017 17:46 WIB

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Terkait Bom Panci Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Anggota Densus 88 Anti Teror (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Anggota Densus 88 Anti Teror (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim Detasement Khusus (Densus) 88 Anti Teror, Polda Jawa Barat, Polres Bandung berhasil menangkap seorang pria terduga teroris berinisial YC (22). YC diduga terlibat dalam bom panci yang meledak di Buah Batu beberapa waktu lalu. Lelaki tersebut adalah warga Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

"YC ditangkap di jalan yang tidak jauh dari rumahnya saat mengendarai sepeda motor, Senin kemarin," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus saat di lokasi penggeledahan di kediaman YC di Kampung Sirnagalih, Desa Karyalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Selasa (18/7).

Menurutnya, YC memiliki peran ikut merencanakan melakukan aksi teroris di daerah Bandung dan ikut membantu merakit bom. Usai melakukan penangkapan, penggeledahan dilakukan Densus 88 di rumah terduga teroris YC sekitar pukul 15.30 WIB hingga 16.00 WIB, Selasa (18/7).

Dia mengatakan, berdasarkan hasil penggeledahan, ditemukan barang bukti berupa aki, kabel dan paku. "Yang diamankan sedikit, bahan aslinya sudah diamankan sekitar lima kilogram bahan baku bom panci di kontrakan AW," katanya.

Ia menuturkan, YC merupakan orang keenam yang ditangkap Densus 88 setelah AW, K, ASS AR dan RS. Selain itu yang bersangkutan merupakan bagian dari sel-sel baru Jamaah Ansor Daulah (JAD) Bandung Raya sama dengan terduga lainnya yang sudah ditangkap sebelumnya.

Saat penggeledahan, belasan anggota Densus 88 melakukan penggeledahan. Sebelumnya, sejumlah anggota Indonesia Automatic Fingerprint Idetification System (Inafis) Polda Jabar memasang garis polisi disekitar rumah YC sekitar Pukul 15.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement