Ahad 16 Jul 2017 10:42 WIB

Ikan Cakalang Segar Mulai Langka di Pasar Ambon

Ikan cakalang.
Foto: Republika/Prayogi
Ikan cakalang.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Ikan cakalang segar langka di pasar tradisional Kota Ambon sejak tiga hari belakangan ini.

Di Pasar Mardika dan Batu Merah hanya segelintir pedagang yang memiliki stok ikan cakalang segar. Jumlahnya sangat terbatas. Harganya pun mencapai Rp100.000/ekor tergantung ukuran, sedangkan cakalang beku dipatok Rp80.000/ekor.

"Ikan cakalang segar sangat langka karena terbatasnya pasokan dari nelayan. Kalau pun tersedia, hanya satu atau dua ekor saja. Itu pun dijual langsung oleh istri-istri nelayan," kata pedagang di Pasar Arumbai, Ridwan.

Di Pasar Ambon, selama ini pedagang menjual ikan tidak dengan ukuran kiloan, tetapi tergantung besar atau kecil ukuran ikan. Penentuan harga juga merujuk pada besaran ikan.

Ridwan mengatakan kelangkaan cakalang segar belakangan ini terjadi karena nelayan tidak melaut. Cuaca ekstrem menghalangi nelayan untuk mencari ikan.

"Hanya beberapa pedagang saja yang menjual ikan cakalang segar. Itu pun istri-istri nelayan yang berjualan langsung ke pasar," katanya.

Sementara itu, ikan kembung jenis momar dan kawalinya dijual dengan harga Rp20.000/tumpuk (lima ekor), cumi Rp10.000/tumpuk (15 ekor kecil), ikan kerapu Rp40.000 hingga Rp50.000/ekor tergantung ukuran, dan udang Rp50.000/tumpuk kecil (20 ekor).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement