Jumat 07 Jul 2017 16:31 WIB

Usai Dikunjungi Obama, Wisatawan ke Puncak Becici Meningkat

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kiri) mengunjungi obyek wisata alam Pucak Becici di Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (29/6).
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kiri) mengunjungi obyek wisata alam Pucak Becici di Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kunjungan wisatawan ke objek wisata Puncak Becici Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami peningkatan usai dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama beberapa waktu. "Informasi yang kami terima kunjungan wisatawan ke Puncak Becici pascakunjungan Obama sampai hari ini ada kenaikan dibanding biasanya," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Kwintarto di Bantul, Jumat (7/7).

Menurut dia, Barack Obama bersama keluarga mengunjungi Puncak Becici pada Kamis (28/6) yang bertepatan dengan libur Lebaran. Setelah kunjungan itu jumlah wisatawan ke Becici naik dibanding sebelumnya. Begitu setelah liburan selesai kunjungan naik dibanding hari biasa.

"Kita memang tidak bisa menyimpulkan apakah peningkatan wisatawan ke Becici karena efek Obama, tetapi dari situ juga bisa dilihat orang jauh juga tertarik, apalagi secara alam di kawasan Dlingo menjadi daya tarik wisata juga pelayanan ramah," katanya.

Pihaknya berharap, pengelola kawasan wisata Puncak Becici termasuk destinasi wisata di Mangunan Dlingo bisa meningkatkan pola manajemen pelayanan. Mengingat kawasan wisata Mangunan dalam dua tahun terakhir makin dikenal wisatawan.

Sementara itu, pengelola kawasan wisata Puncak Becici, Sugandi Saputra mengatakan, secara umum jumlah kunjungan wisata ke Becici selama libur Lebaran 2017 meningkat hingga seratus persen dibanding kunjungan selama libur Lebaran 2016. Ia mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2017 sejak Ahad (25/6) sampai Senin (3/7) sebanyak 33.689 orang. Jumlah kunjungan setiap hari selama libur mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya.

Data kunjungan wisatawan pada Kamis (29/6) atau hari saat dikunjungi Obama sebanyak 4.221 orang. Kemudian pada Jumat (30/6) naik sebanyak 5.951 orang, pada Sabtu (1/7) jumlah kunjungan 6.084 orang kemudian Ahad (2/7) sebanyak 6.853 wisatawan. "Untuk kunjungan tahun lalu belum terkondisi karena belum menggunakan tiket masuk seperti tahun ini. Disamping itu juga belum punya kantong parkir yang memadai," katanya.

Menurut dia, peningkatan kunjungan wisata ke Puncak Becici di samping napak tilas Obama juga keindahan panorama alam dan keasrian yang ada."Serta tidak lepas dengan pengenalan kawasan wisata dari media massa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement