Jumat 30 Jun 2017 20:13 WIB

Hingga Jumat, 83 Ribu Kendaraan Lewati Jalur Pantura Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Republika/Wihdan/ca
[ilustrasi] Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Memasuki H+5, Jumat (30/6) sore, arus balik kendaraan dari arah Jawa Tengah (Jateng) menuju Jakarta yang melewati jalur pantura Cirebon, semakin padat. Berdasarkan data dari Posko Dishub Kabupaten Cirebon di Losari, yang merupakan perbatasan Cirebon (Jabar) – Brebes (Jateng), jumlah total kendaraan yang datang dari arah Jateng menuju arah Jakarta, Jumat (30/6) pukul 00.00 – 16.00 WIB mencapai 83.142 unit. Sedangkan dari arah sebaliknya, kendaraan mencapai 10.034 unit.

Dari jumlah kendaraan itu, didominasi kendaraan sepeda motor. Namun meskipun begitu, jumlah kendaraan roda empat yang melewati jalur tersebut juga tinggi. Volume arus balik dari arah Jateng menuju Jakarta tertinggi terjadi pada pukul 12.00 – 13.00 WIB. Selama satu jam itu, jumlah sepeda motor yang melintas mencapai 6.321 unit dan kendaraan roda empat ada 3.672 unit. "Sampai nanti malam, jumlah kendaraan ini akan terus meningkat," ujar Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra.

Sementara itu, berdasarkan pantuan, ribuan kendaraan, terutama kendaraan roda empat dari arah Jateng menuju Jakarta hanya bisa melaju dengan kecepatan sekitar 10 km per jam. Tepatnya dari fly over Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon hingga Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement