Ahad 25 Jun 2017 17:36 WIB

Wali Kota Solo Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Selama Lebaran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ratna Puspita
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kiri).
Foto: Antara/Maulana Surya
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berharap selama perayaan Idul Fitri kondusifitas kota Solo tetap terjaga. Dia pun mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan Kota Solo, terlebih banyaknya wisatawan dan tamu luar kota yang berlibur di Solo.

“Sampah-sampahnya jangan sembarangan, Solo di jaga agar tetap bersih,” kata dia ketika menggelar open house Hari Raya Idul Fitri 1348 H di rumah dinas Jalan Gajah Mada pada Ahad (25/6) siang.

Selama libur lebaran, Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dan Pemerintah Kota Solo menggelar sejumlah kegiatan wisatawan maupun pemudik. Wisatawan dan pemudik bisa mengikuti kegiatan lainnya seperti Gerebeg Taman Satwa Taru Jurug, Ba'dan ing balekambang, Sendratari Ramayana Benteng Vastenburg.

Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat juga akan menggelar Gerebeg Syawal pada Senin (26/6). Ini merupakan tradisi menandai berakhirnya bulan puasa. 

Dua buah gunungan yang disebut gunungan isteri dan gunungan jaler dikirab dari dalam keraton menuju halaman masjid. Prosesi Grebeg Syawal diawali dari arak-arakan pasang gunungan tersebut dari dalam keraton. 

Pada hari pertama Idul Fitri 1438 Hijriah, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menggelar open house hari Raya Idul Fitri 1348 H di rumah dinas Jalan Gajah Mada pada Ahad (25/6) siang. Warga terlihat mengantre untuk bisa bersalaman dengan keduanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement