Rabu 07 Jun 2017 14:24 WIB

Politikus Golkar Agun Gunanjar Pimpin Pansus Angket KPK

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Anggota DPR Fraksi Golkar Agun Gunanjar
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Anggota DPR Fraksi Golkar Agun Gunanjar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Golongan Karya Agun Gunanjar terpilih sebagai ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Agun terpilih melalui rapat pimpinan DPR RI dan Pansus Angket KPK, Rabu (7/6). 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan rapat menetapkan empat orang pimpinan pansus. "Ada tiga wakil yang akan mendampingi Agun," kata dia usai rapat di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu (7/6).

Tiga politikus yang akan membantu Agun, yaitu anggota DPR dari Fraksi PDIP Risa Mariska, Dosy Iskandar dari Fraksi Hanura, dan Teuku Taufiqulhadi dari Fraksi Nasdem. 

Proses pemilihan hingga pada penetapan nama-nama pimpinan Pansus Angket KPK berlangsung tertutup. Media dipersilakan masuk saat nama-nama tersebut sudah terpilih. 

Saat membuka rapat, Fadli hanya menyampaikan nama-nama fraksi yang hadir dan mengirimkan anggotanya. "Rapat telah dihadiri dan ditandatangani oleh enam fraksi yaitu, PDIP, Golkar, PAN, PPP, Nasdem, dan Hanura. Dengan demikian maka kuorum telah terpenuhi," ujar Fadli. 

Usai terpilih, Agun Gunandjar bersama tiga wakilnya langsung menggelar rapat permulaan bersama anggota Pansus yang hadir. "Kami sampaikan, berdasarkan tatib telah diputuskan dipimpin Fadli Zon. Pimpinan Pansus Angket oleh saya, Risa Mariska, Taufiqulhadi yang saat ini diwakili oleh Sahroni, dan Dossy iskandar," ujar Agun.

Setelah pimpinan Pansus Angket KPK terpilih, Agun berkewajiban menyusun agenda dan mekanisme kerja serta anggaran pembiayaan angket KPK dalam tempo 60 hari untuk disampaikan ke Sidang Paripurna.

Agun mengatakan jika anggota belum memberikan saran dan masukan terkait agenda dan mekanisme kerja maka dia dan tiga wakilnya akan berembug menyusun agenda kerja. 

"Pimpinan akan menyusun agenda kerja, mekanisme kerja, dan anggaran pembiayaan yang akan diputuskan dalam rapat yang akan ditentukan selanjutnya," ujar Agun.

Ada tujuh fraksi yang hadir dalam rapat permulaan Pansus Angket KPK. Mereka, yaitu Golkar, PDIP, Hanura, Nasdem, PPP, PAN dan Gerindra. PAN dan Gerindra baru bergabung. PAN diwakili oleh Taufik Kurniawan dan Hanafi Rais, sedagkan Gerindra diwakili oleh Wenni Warou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement