Selasa 30 May 2017 01:41 WIB

Operasi Pasar, Pontianak Siapkan 60 Ton Bawang Putih

Pekerja mengangkut bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/5).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pekerja mengangkut bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan kota setempat menyiapkan sebanyak 60 ton bawang putih untuk melakukan operasi pasar, Selasa (30/5) di kawasan Pasar Flamboyan.

"Malam ini dua truk atau sebanyak 60 bawang putih sudah tiba, sehingga besoknya akan dijual di kawasan Pasar Flamboyan Pontianak seharga Rp 30 ribu/kilogram," kata Kadis Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi di Pontianak, Senin.

Operasi pasar tersebut, dilaksanakan berkat kerja sama Pemkot Pontianak dengan Kementerian Perdagangan dan para eksportir dalam menekan harga bawang putih yang sangat tinggi di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak.

Ia menjelaskan, siapapun boleh membeli operasi pasar bawang putih tersebut, termasuk para pedagang yang ada di kawasan Pasar Flamboyan.

"Tujuan kami menggelar OP bawang putih tersebut, guna menekan harga jual bawang tersebut yang mencapai Rp 100 ribu lebih/kilogram," ungkapnya.

Kalaupun pedagang yang membeli bawang putih tersebut, maka nantinya bisa menjual kembali Rp 35 ribu hingga Rp 38 ribu/kilogram, dengan pertimbangan pedagang ambil untung sedikit ditambah ongkos angkut lainnya.

"Kelangkaan bawang putih, karena sekitar 93 persen kebutuhan itu didatangkan dari RRT (Republik Rakyat Tiongkok), yang kebetulan di sana stoknya juga berkurang," kata Haryadi.

Dalam kesempatan itu, Haryadi berharap, sebanyak 60 ton bawang putih tersebut bisa terjual habis dalam satu hari, sehingga akan berdampak turunnya harga bawang putih di Pontianak dan sekitarnya.

"Untuk OP bawang putih ini, yang pertama kali dilakukan di Indonesia, yakni di Kota Pontianak. Kami juga sudah melakukan pengecekan di gudang-gudang yang ada di Pontianak, hasilnya tidak ada yang melakukan penimbunan bawang putih," kata Haryadi.

Sebelumnya, Kamis (25/5) harga bawang putih yang dijual di Pasar Flamboyan atau pasar tradisional terbesar di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, tembus dari Rp 120 ribu/kilogram hingga Rp 150 ribu/kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement