Senin 29 May 2017 08:50 WIB

Aceh Diguncang Gempa Bumi, Warga Berlarian ke Luar Rumah

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nidia Zuraya
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wilayah  Aceh diguncang gempa bumi tektonik pada Senin (29/5) dinihari. Menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa tersebut terjadi pukul 04.54 WIB dengan kekuatan 4,9 Skala Richter (SR).

Beberapa warga dilaporkan belarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. BMKG mengimbau warga agar tetap tenang karena gempa bumi ini belum berpotensi merusak.

 

Dari keterangan pers yang diterima Republika, Senin (29/5) pagi, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan, pusat gempa terletak pada koordinat 4,14 Lintang Utara dan 97,23 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak 27 km arah Barat Laut Kabupaten Gayo Lues pada kedalaman 10 km.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berpotensi dirasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI di Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya termasuk Blangkejeran, Perlak, Lesten, Blangpidie, dan Benermeriah.

Gempa bumi ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar Sumatra (Sumatra Fault Zone), tepatnya pada segmen Tripa.

Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempabumi dipicu oleh sesar dengan pergerakan arah mendatar. Serta sesuai dengan laporan masyarakat di wilayah tersebut, bahwa gempa ini dirasakan oleh orang banyak pada skala intensitas III MMI.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement