Ahad 28 May 2017 13:51 WIB

Gempa Sumba Akibat Aktivitas Lempeng Indonesia-Australia

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Pulau Sumba Ahad, (28/5) pukul 11.18.50 WITA. Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi dengan kekuatan M=4.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 9.63 LS dan 119.55 BT pada kedalaman 25 Km.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Waingapu, Sumba Timur, Arief Tyastama gempa di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di bawah Pulau Sumba," kata Arief Tyastama menjawab pertanyaan terkait gempa Sumba melalui pesan WhatsApp, Ahad.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, dalam skala intensitas II SIG BMKG (III-IV MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh cukup banyak orang, dan bahkan ada sebagian warga yang sementara berada dalam rumah berlarian keluar rumah.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Pulau Sumba yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 12.18 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan, kata Arief Tyastama. Namun, masyarakat diimbau tetap tenang karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement