Kamis 18 May 2017 09:47 WIB

Pemadaman Berlanjut Jalanan Sekitar Ramayana Ditutup

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Indira Rezkisari
  Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta berusaha memadamkan api yang membakar gedung Pusat Perbelanjaan Ramayana, Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) pagi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta berusaha memadamkan api yang membakar gedung Pusat Perbelanjaan Ramayana, Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran terjadi di pusat perbelanjaan Ramayana, Pasar Minggu. Jakarta Selatan. Untuk melakukan pemadaman dan pendinginan sejumlah ruas jalanan ditutup dua arah.

Babinkamtibmas Kelurahan Pasar Minggu Aiptu Mamay menyebutkan penutupan dilakukan untuk instalasi pemadaman. Instalasi itu berupa adanya sejumlah unit pemadam kebakaran dan instalasi sumber air di sekitar Ramayana.

"Penutupan dilakukan di Robinson Jalan Raya Pasar Minggu sampai sekitar Bea Cukai di Jalan Raya Ragunan," ujar dia di lokasi kebakaran, Kamis (17/5).

Menurut Mamay, penutupan dilakukan sejak pukul 05.00 WIB. Akibatnya sejumlah lalu lintas pun dialihkan. Pengemudi dari arah Lenteng Agung tidak diperkenankan belok ke arah barat (kiri). Sedangkan dari arah Warung Buncit Jati Padang yang mengarah ke timur dialihkan ke Jalan Salihara.

Pantauan Republika.co.id, penutupan ini menyebabkan menumpuknya kendaraan di kedua ruas Jalan Raya Ragunan di sekitar Gedung Bea Cukai. Kemacetan terjadi karena sejumlah kendaraan dari arah Barat, yakni Jati Padang memilih memutar balik dan berbelok ke Jalan Salihara. Sedangkan lebar Jalan Salihara hanya sekitar 7 meter jauh lebih sempit  dari Jalan Raya Ragunan.

Namun pengemudi motor mash diperbolehkan melintas melewati lokasi kejadian. Salah satu pengemudi motor, Rizky Hernanda (23 tahun) mengaku awalnya tidak mengetahui penyebab kemacetan. "Ternyata pas lewat lihat banyak damkar sama selang air," ujar dia di Jalan Raya Ragunan depan lokasi kebakaran, Kamis (18/5) pagi.

Api telah dipadamkan pukul 07.00 WIB. Namun hingga saat ini pukul 09.15 WIB pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan dengan mengerahkan satu buah cooler. "Nanti jika sudah selesai pendinginan dan mobil pemadam sudah meninggalkan tempat, jalan akan dibuka lagi," kata Mamay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement