Kamis 18 May 2017 08:55 WIB

Sumber Kebakaran Ramayana Pasar Minggu Berasal dari Lantai Satu

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
  Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta berusaha memadamkan api yang membakar gedung Pusat Perbelanjaan Ramayana, Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) pagi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta berusaha memadamkan api yang membakar gedung Pusat Perbelanjaan Ramayana, Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran terjadi di pusat perbelanjaan Ramayana, Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) pagi. Petugas pemadam kebakaran pun telah berhasil memadamkan api.

Saat ini, hingga pukul 08.30 WIB, pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan tengah melakukan pendinginan di lokasi kejadian. ''Sudah aman, tinggal pendinginan saja, dari jam tujuh tadi, sudah padam. Tinggal penuntasan saja,'' kata Kasudin Damkar Jakarta Selatan, Irwan, di lokasi kejadian.

Irwan menambahkan, sumber api berasal dari lantai satu gedung Ramayana tersebut. Akibatnya, lantai satu mengalami kerusakan paling parah. Sementara untuk lantai dua hanya terkena asap. Gedung Ramayana ini memiliki lima lantai.

Khusus untuk lantai empat dan lima difungsikan sebagai gudang. ''Sumber api dari lantai satu, lantai dua dan seterusnya hanya terkena asap saja,'' tuturnya.

Irwan mengakui, salah satu kendala awal dalam proses pemadaman adalah sumber air. Dalam memadamkan kebakaran gedung Ramayana tersebut, petugas pemadam kebakaran mengambil air dari kali Jati Padang dan kali pasar minggu.

Selain itu, material pakaian juga sempat menyulitkan pemadaman. ''Itu berpengaruh sekali. Alhamdulillah bisa cepat ditangani, sehingga tidak menyebar ke lantai 2,'' kata dia.

Dalam upaya memadamkan kebakaran gedung Ramayana itu, Sudin Damkar Jakarta selatan mengerahkan 23 unit mobil pemadam. Tidak hanya itu, Sudin Damkar Jakarta Selatan juga meminta bantuan dari Sudin Damkar Jakarta Timur sebanyak dua unit. Sehingga total mencapai 25 unit mobil pemadam kebakaran. Sementara jumlah personil mencapai 135 petugas pemadam kebakaran.

Kendati begitu, Irwan belum bisa memastikan penyebab dari kebakaran tersebut. ''Saya tidak mau berandai-andai. Nanti Puslabfor (Polri) yang akan menentukan,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement