Senin 15 May 2017 13:02 WIB

BSI Kolaborasi dengan UI Gelar Seminar Kewirausahaan

Abdul Wahid Maktub memberikan materi wirausaha kepada mahasiswa UI dan BSI.
Foto: Dok BSI
Abdul Wahid Maktub memberikan materi wirausaha kepada mahasiswa UI dan BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika Jakarta (AMIK BSI Jakarta) melalui BSI Entrepreneur Center (BEC) bekerja sama dengan CEDS Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan di  Depok, Sabtu  (13/5).

Seminar yang diselenggarakan di auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI Depok, Jawa Barat itu   dihadiri oleh 350 mahasiswa AMIK BSI Jakarta dan FEB  UI.

Seminar tersebut menampilkan  keynote speaker Dr  KH  Abdul Wahid Maktub (staf khusus Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi), dan .Roy Darmawan (trainer dan juga Pembina CEDS UI).

“Begini nih yang saya suka dari kawula-kawula muda Indonesia. Berjiwa sukses, penuh semangat, penuh dengan api yang menggelora, membakar semangat diri untuk memajukan negeri ini melalui wirausaha. Saya sangat mengapresiasi kepedulian kampus BSI maupun UI dalam menciptakan entrepreneur muda di kalangan kampus,” kata Abdul Wahid Maktub saat menyampaikan materinya.

Sementara Roy Darmawan mengajak generasi muda untuk dapat bersaing di era globalisasi dan era Masyarakat Ekonomi ASEAN  yang saat ini telah berlangsung.

“Indonesia ini kaya, sumber daya alam dan manusianya tidak kalah dengan negara-negara tetangga. Jadi jangan minder dengan apa yang kita punya. Di sini kita berdiri tidak mengenal ras, suku, agama, asal kampus ataupun yang lain. Kita berdiri di sini sebagai bibit pejuang di bidang kewirausahaan yang akan memajukan Indonesia,” ungkap Roy.

Selain kedua pembicara tersebut,  seminar ini juga mengundang  Chief Executive Officer Cyber Park Indonesia Dedi Yudiant untuk berbagi pengalamannya selama menjadi wirausaha di  bidang teknologi informasi (TI).

“Bisnis itu nggak mudah. Bisnis itu harus serius, nggak bisa main-main. Saya pernah rugi Rp 60 miliar. Kalian bayangkan dari mana kalian bisa dapat duit sebanyak itu lalu bagaimana jika dalam sekejap kalian kehilangan itu? Kita harus move on dengan kegagalan, anggap kegagalan sebagai pembelajaran bukan musibah,” ungkap Dedi.

Penanggung Jawab BEC Fuad Nur Hasan mengatakan,  seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiwa BSI maupun FEB UI.

“Entrepreneurial mindset perlu dibangun sejak mahasiswa duduk di bangku kuliah, sehingga nantinya tidak terpaku pada pola pikir mencari pekerjaan. Justru sebaliknya, mereka dapat berpola pikir untuk menjadi pengusaha. Sehingga,  tidak hanya dapat mensejahterahkan diri sendiri, tetapi juga dapat berguna bagi orang lain dengan terciptanya lapangan pekerjaan,” ungkap Fuad Nur Hasan pada akhir acara.

Fuad menambahkan,  bukan baru sekali BSI bekerja sama dengan CEDS UI dalam menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan. “Tentunya kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus terjalin secara berkesinambungan. Sehingga,  baik BSI maupun CEDS UI dapat saling bertukar informasi mengenai kewirausahaan. Nantinya, dapat melahirkan wirausaha-wirausaha muda dari bangku kuliah,” pungkas Fuad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement