Ahad 14 May 2017 18:45 WIB

Menangkan Marwan, PKB Intensifkan Konsolidasi ke Seluruh DPC

Halaqoh PKB Ulama Rakyat
Foto: doc PKB
Halaqoh PKB Ulama Rakyat

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) gencar melakukan konsolidasi ke daerah-daerah dalam rangka mengusung Marwan Jafar sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilgub Jateng 2018 mendatang.

Tim pemenangan yang juga Wakil Ketua DPRD Jateng dari PKB, Sukirman di sela acara Halaqoh Ulama Rakyat di Ponpes Al Barokah, Wonosari, Klaten Sabtu (13/5) mengemukakan, acara dihadiri sekitar 500 peserta se Solo Raya. Bertujaun untuk konsolidasi tekait Pilgub 2018. PKB sudah memiliki calon, yakni Marwan Jafar, Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Hal itu terus kami konsolidasikan agar perjalanan ke depan lebih mulus. Semua sudah siap, struktur komplet, dan halaqoh  ini salah satu wujud kegiatan konsolidasi,” kata Sukriman dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id hari ini.

Menurut dia, PKB tinggal menyiapkan koalisi dengan partai laian, karena PKB belum bisa mencalonkan sendiri.

Marwan Jafar dinilai sebagai kader terbaik PKB. Ia seorang mantan menteri, santri, dan didukung arus bawah.

Konsep PKB antara lain membangun Jawa Tengah tanpa radikalisme, pengentasan kemiskinan, membangun madrasah dan pondok pesantren serta memberikan solusi persoalan-persoalan di Jateng demi menyejahterakan masyarakat. Konsolidasi sudah dilakukan di berbagai kabupaten/kota. Antara lain di basis PKB yaitu di Pati, Blora, Magelang, Semarang, Brebes, Tegal.

Di Tegal titik berat pada kepedulian atas nasib nelayan. Sementara di Pati dan Blora seputar ponpes dan  madrasah. Di Magelang terkait pengentasan  kemiskinan, dan Semarang tentang infrastruktur. Sedangkan untuk di Klaten, dan Solo Raya terkait dengan upaya mewujudkan situasi kondusif, di antaranya sosialisasi kehidupan Islam yang sejuk.

Ketua DPW PKB Yusuf Chudlori mengemukakan, untuk Pilgub jateng 2018 butuh mesin polititk yang solid. Untuk itu DPW lebih intens turun ke DPC-DPC untuk menyiapkan mesin politik sampai tingkat PAC dan ranting.

“Di internal sudah solid, sudah jalan. Pak Marwan juga tak henti menyapa internal dan struktur. Kita baru 13 kursi butuh koalisi, maka selalu komunikasi politik dengan partai lain untuk usung Pak Marwan Jafar,” kata Gus Yusuf.

PKB sudah melakukan komunikasi dengan partai-partai lain, bukan hanya di tingkat Jawa Tengah, melainkan juga di tingkat pusat.

“Visi ke depan bawa Jateng lebih maju, tentu partai lain juga sepakat, PKB Jateng kan partai besar nomor dua. Basis PKB Pantura, kita menang punya bupati di Pekalongan, Tegal, Kedu, Magelang, Temanggung kita basis, Demak menang juga. Di daerah itu kita sudah intens melakukan konsolidasinya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement