Selasa 09 May 2017 07:12 WIB

Gus Ipul Optimistis Kampung Kelir Jadi Inspirasi

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.
Foto: IST
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Timur, Saifullah Yusuf, optimistis keberadaan kampung kelir akan menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain di Indonesia.

"Pasalnya, kampung yang dikelir warna-warni mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih, aman, dan sehat serta nyaman untuk ditinggali," katanya saat Festival Wirakarya Kampung Kelir Kwartir Daerah Jawa Timur, Zona 1 (Sidoarjo - Surabaya) di Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Senin (8/5).

Ia mengemukakan, dengan adanya kegiatan pengecatan kampung berwarna-warni yang diprakarsai gerakan pramuka akan melecut dan menggerakkan masyarakat untuk ikut mempercantik dan mencintai lingkungannya. "Dari situ, muncullah semangat solidaritas, tenggang rasa, dan gotong royong," ujarnya.

Ia mengatakan, kampung dan lingkungannya makin cantik dan elok dipandang, maka masyarakat akan menjadi senang, bangga, nyaman, termotivasi hidup bersih dan sehat. "Serta menciptakan keamanan di lingkungannya. Dampaknya juga kampung ini menjadi layak untuk anak-anak, lansia, dan semua kalangan," kata dia.

Menurutnya, berbagai dampak positif itulah yang menjadikan kampung kelir menjadi inspirasi kampung-kampung lain di Indonesia. "Kami optimis kampung kelir dapat menginspirasi dan ditiru oleh kampung-kampung lain di Indonesia. Pasalnya, kegiatan ini dapat menyelesaikan berbagai masalah sosial yang ada di lingkungan kampung," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement