Kamis 04 May 2017 14:13 WIB

Wisata Olahraga Dongkrak Ekonomi Kreatif NTB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Dua turis sedang menampilkan kebolehannya sambil berolahraga mengemudikan jetsky sekaligus menikmati panorama objek wisata di Indonesia. ilustrasi
Foto: Antara
Dua turis sedang menampilkan kebolehannya sambil berolahraga mengemudikan jetsky sekaligus menikmati panorama objek wisata di Indonesia. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan, konsep wisata olahraga atau sport tourism menjadi salah satu konsep wisata yang terus dikembangkan Pemerintah Provinsi NTB.

Amin menambahkan, sejumlah ajang wisata olahraga yang sudah digelar seperti Tour de Lombok Mandalika, Sembalun Challenge, hingga Mekaki Marathon di Lombok terbukti meningkatkan kunjungan wisatawan, meski belum bisa menjelaskan berapa angkanya.

"Untuk pariwisata sendiri Alhamdulillah tingkat pertumbuhannya sangat signifikan," kata Amin di Mataram, NTB, Kamis (4/5).

Amin menilai, kehadiran ajang wisata olahraga membuka terobosan baru bagi sektor pariwisata di NTB. Sebelumnya, wisatawan yang datang kebanyakan hanya berlibur menikmati keindahan alam, namun sekarang banyak juga turis luar yang memiliki minat khusus terhadap wisata olahraga datang ke NTB.

"Sport tourism bagi yang punya minat khusus, wisatawan yang datang tidak hanya berlibur tapi salurkan minat khusus. Wilayah kita memang punya potensi alam yang indah dan menantang," ungkap Amin.

Amin melanjutkan, banyak wisatawan yang datang menjalani wisata olahraga di NTB, berkeinginan kembali lagi untuk berlibur. Selain itu, kehadiran para wisatawan juga mendongkrak perekonomian kreatif yang dikembangkan masyarakat sekitar.

"Selain salurkan hobi, kata mereka (turis) juga menikmati keindahan alam, belanja, bahkan banyak yang ingin kembali lagi dalam kunjungan berikutnya," kata Amin menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement