Ahad 30 Apr 2017 19:07 WIB

Dahnil: Keadilan akan Bebaskan Separatisme dari Maluku

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Agus Yulianto
Dahnil Anzar Simanjuntak
Foto: istimewa
Dahnil Anzar Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, keadilanlah yang akan membebaskan Maluku dari gerakan separatis Republik Maluku Selatan (RMS). Menurut dia, siapa pun kelompok saparatis, harus ditindak dan dilawan oleh negara dan tidak boleh dibiarkan.

"Saparatisme muncul dan laku Karena hadirnya ketidakadilan, dan saat ini ancaman paling berbahaya bagi integrasi Indonesia adalah ketidakadilan yang massif terjadi dibanyak sektor, dan termasuk di Maluk," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (30/4).

Kesenjangan ekonomi yang sangat lebar dengan daerah lain, kata dia, akan memunculkan benih-benih saparatisme. Untuk itu, Dahnil mengatakan, pemerintah harus fokus untuk menyempitkan kesenjangan dan menghadirkan keadilan. "Bila tidak, ini akan menjadi ancaman bagi NKRI," jelasnya.

Dahnil juga mengatakan pentingnya untuk terus memperkecil kesenjangan ekonomi dan menghadirkan keadilan. "Selain pendekatan keamanan untuk memastikan Maluku tetap bebas separatisme," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement