Rabu 26 Apr 2017 17:07 WIB

Dimenangkan MK, Haryadi Ajak Bersatu Bangun Yogyakarta

Rep: Dian Erika N/ Red: Indira Rezkisari
Calon Wali Kota Yogyakarta Petahana Haryadi Suyuti (tengah) didampingi istri Tri Kirana Muslidatun (kanan) dan putri Karina Arifiani (kiri) menggunakan hak pilih di TPS 15 Kelurahan Muja Muju, Yogyakarta.
Foto: Antara
Calon Wali Kota Yogyakarta Petahana Haryadi Suyuti (tengah) didampingi istri Tri Kirana Muslidatun (kanan) dan putri Karina Arifiani (kiri) menggunakan hak pilih di TPS 15 Kelurahan Muja Muju, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto, mengatakan pihaknya segera melantik  Haryadi Suyuti-Heroe Purwadi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017-2022. Pelantikan itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait permohonan peerkara nomor 28/PHP.KOT-XV/2017.

Ditemui secara terpisah, Haryadi Suyuti mengaku lega dengan putusan MK. Pihaknya saat ini menanti penjelasan lebih lanjut dari KPU Kota Yogyakarta untuk proses selanjutnya.

"Alhamdulillah dan Bismillah, mari kita bersatu untuk membangun Yogyakarta sebab prosesnya telah selesai. Kami menanti penjelasan KPU terkait teknis selanjutnya," ungkap Walikota pejawat itu.

Putusan atas perkara tersebut dibacakan oleh Hakim Konstitusi I Gede Dewa Palguna pada Rabu (26/4). Permohonan perkara diajukan oleh Imam Priyono-Achmad Fadli yang merupakan paslon nomor urut satu yang menggugat keputusan KPU Kota Yogyakarta terkait jumlah perolehan suara pemohon sebanyak 99.146 suara. Jumlah itu diketahui memiliki selisih 1.187 suara dari paslon nomor urut dua yang ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dengan total suara 100.333 suara.

"Putusan MK ini menjadi dasar penetapan paslon terpilih Pilkada Kota Yogyakarta. Berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2016, ada waktu selama tiga hari setelah putusan MK untuk segera menetapkan paslon terpilih," ungkap Wawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (26/4).

Setelah ditetapkan, hasil Pilkada akan disampaikan kepada DPRD Kota Yogyakarta. Adapun pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih akan dilakukan setelahnya.

Pilkada Kota Yogyakarta diikuti oleh dua paslon. Pasangan Imam Prayono-Achmad Fadli merupakan paslon nomor urut satu yang diusung partai PDIP dan NasDem. Pasangan Haryadi Suyuti-Heroe Purwadi diusung oleh partai Golkar, PAN, Gerindra, PKS dan Partai Demokrat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement