Kamis 20 Apr 2017 08:46 WIB

SDM Lokal Raja Ampat Disiapkan untuk Pariwisata Berkelanjutan

 Kapal fery melintas di kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Kapal fery melintas di kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Masyarakat lokal Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, perlu disiapkan dengan baik guna menyukseskan program pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, kata Lokal Partner Sustainable Tourism Development Kementerian Pariwisata Raja Ampat Ranny Iriani.

"Sumber daya manusia masyarakat lokal Kabupaten Raja Ampat perlu ditingkatkan, terutama pemanfaatan sumber daya alam serta kelestarian lingkungan, sehingga program pariwisata berkelanjutan oleh pemerintah dapat terwujud," katanya di Sorong, Kamis.

Dia mengatakan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan laut dan tidak menangkap ikan dengan bahan berbahaya perlu ditingkatkan pula sehingga kekayaan alam yang indah pemberian Tuhan itu tidak rusak dan tetap dinikmati oleh generasi seterusnya.

Selain peningkatan infrastruktur pariwisata, kata Ranny, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat perlu pula mendorong masyarakat terkait dengan upaya memberikan pelayanan, terutama berkomunikasi dengan tamu.

"Perlu didorong pula menyiapkan kuliner khas daerah serta makanan tradisional yang memberikan daya tarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Disamping itu dapat meningkatkan pendapatan untuk perekonomian keluarga," katanya.

Ia mengatakan potensi alam Raja Ampat indah dengan budayanya yang unik.

"Tinggal masyarakat didorong untuk meningkatkan etos kerjanya, kebiasaan hidup sehari-hari yang bersih dan menarik untuk dinikmati wisatawan," katanya.

Masyarakat, katanya, juga perlu diajari menyambut tamu dengan cara yang baik, menampilkan tari-tarian daerah, mampu mengajak tamu menikmati kehidupan lokal, serta tinggal dan makan makanan lokal masyarakat setempat.

"Apabila hal tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat lokal Kabupaten Raja Ampat maka pembangunan pariwisata berkelanjutan akan terwujud dan pariwisata daerah itu tetap terjaga untuk generasi di masa yang akan datang," ungkapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement