Ahad 26 Mar 2017 13:26 WIB

Earth Hour Turunkan Beban Puncak Listrik Jabar Sebesar 89 MW

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Winda Destiana Putri
Earth Hour
Foto: .
Earth Hour

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebagai wujud kepedulian dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan, PLN Distribusi Jawa Barat kembali berpartisipasi pada kampanye Global Earth Hour 2017 di Bandung, yang digelar di Gedung Sate, Sabtu (25/3). Dalam seremoni Switch Off tersebut, PLN Distribusi Jawa Barat memberikan dukungan kepada Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi (JKBBE) yang menjadi pelaksana dari rangkaian Kegiatan Earth Hour 2017 di wilayah Bandung dan Jawa Barat.

Menurut Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jawa Barat‬, Marjon Sinaga, beban puncak konsumsi listrik rata-rata setiap hari Sabtu pada Maret 2017 Pukul 20.30-21.30 sebelum dilaksanakannya Earth Hour sebesar

6.867 MW.  Namun, pada pelaksanaan Earth Hour, di waktu yang sama beban listrik di Jabar diprediksi sebesar 6.778 MW.

"Jadi turun sekitar 89 MW dari rata-rata pemakaian pada hari Sabtu di Bulan Maret," ujar Marjon kepada wartawan, Ahad (26/3).

Marjon mengatakan, tema yang diangkat pada Earth Hour 2017 ini adalah PLN Hemat Energi Listrik Dengan Pigura (Pilih, Guna, Rawat). Hemat energi, seharusnya tidak hanya dilakukan saat perayaan Earth Hour saja, namun menjadi kebiasaan yang melekat pada perilaku sehari-hari.

"Hemat listrik tidak akan mengurangi kenyamanan kita," katanya. Dengan berhemat listrik, kata dia, selain membantu agar tagihan listrik tidak besar juga bisa berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global.

Dalam momentum Earth Hour ini, kata dia, PLN Distribusi Jawa Barat juga secara aktif turut berpartisipasi dengan menghimbau seluruh kantotr layanan memadamkan listrik selama 1 jam pada tanggal 25 Maret pukul 20.30-21.30 WIB. Adapun slogan PIGURA (Pilih, Guna, Rawat), kata dia, berarti Pilih yaitu dengan memilih peralatan listrik yang hemat energi atau yang berdaya listrik rendah, Guna yaitu menggunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan, bila tidak sedang dipakai matikan peralatan elektronik dan jangan lupa cabut kabel dari stop kontak sehingga listrik tidak terus menerus dikonsumsi dan jangan membiarkan peralatan listrik berada dalam keadaan standby dalam jangka waktu lama. 

Sedangkan Rawat, kata dia, artinya rawat lah alat elektronik dengan baik salah satunya dengan  membersihkannya secara berkala agar kinerja dari peralatan listrik tersebut dalam terus optimal dan tidak membutuhkan energy listrik yang lebih besar dari biasanya. Melalui dukungannya terhadap Earth Hour 2017 ini, kata dia, PLN ingin menjadikannya sebagai momentum untuk mengedukasi pelanggan listrik PLN di berbagai daerah agar kesadaran untuk mulai melakukan gaya hidup yang hemat energi semakin terpublikasi dengan lebih luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement