Jumat 24 Mar 2017 15:08 WIB

Pakai Peci Hitam, Djarot tak Masalah Disebut Penjiplak

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Angga Indrawan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta pejawat Djarot Saiful Hidayat mengaku tak masalah dengan tuduhan menjiplak pasangan calon nomor urut tiga lantaran foto di surat suara yang baru, lantaran dia mengenakan peci hitam. Di surat suara yang baru, tiga kandidat, Djarot, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno mengenakan peci hitam, sementara pasangan Djarot, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak mengenakan peci hitam.

"Enggak apa (menjiplak), kamu ini inget lho saya itu dikenal dengan juru kuncinya makam bung Karno di Blitar sepuluh tahun dan semua tahu, dan Bung Karno yang memopulerkan pakai kopiah kalau orang Jatim namanya kopiah kalo sini bilangnya peci kalo Makassar songkok," kata Djarot usai shalat Jumat di Masjid Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/3).

Dia menegaskan, peci adalah simbol dari nasionalisme. "Inilah sebetulnya yang dipopulerkan Bung Karno. Makanya begitu kami haji umrah begitu pake kopiah orang sana pasti tahu, Indonesia Indonesia, Sukarno Sukarno," kata dia.

Kamis (23/3) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI sudah mulai mencetak surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua tanggal 19 April nanti. Berbeda dengan putaran pertama, di putaran kedua ini foto calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat tampak mengenakan peci hitam.

Ketua KPU DKI Sumarno mengungkapkan, hari ini sudah mulai mencetak surat suara. Sebelum mencetak surat suara, KPU sudah meminta persetujuan kedua pasangan calon meng-acc desain. Sumarno menerangkan, di surat suara foto kedua pasangan calon lebih kecil dan terdapat perubahan foto.

"Ukurannya lebih kecil, dan foto pasangan calon nomor dua sesuai dengan permintaan paslon bersangkutan Pak Djarot yang putaran pertama nggak pakai kopiah pada putaran kedua pakai dan itu nggak masalah," ujar Sumarno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement