Rabu 22 Mar 2017 18:06 WIB

Lahan Pemakaman Minim di Kepulauan Seribu, Ini Usulan DPRD

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andi Nur Aminah
Kepulauan Seribu
Foto: www.pulauseribujakarta.blogspot.com
Kepulauan Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria memberikan solusi minimnya lahan pemakaman di Kepulauan Seribu. Iman mengusulkan harus ada satu pulau di Kepulauan Seribu yang digunakan khusus untuk pemakaman.

Sebelum mencari pulau untuk lahan pemakaman, Iman menuturkan, sebaiknya Pemerintah Daerah Kepulauan Seribu melakukan sensus kematian. Hal tersebut sebagai indikator pencarian pulau. "Cari pulau yang memang bisa dibebaskan atau (pulau) yang milik pemda itu dipakai saja untuk pemakaman, kan bisa jadi dekat," ujar Iman saat dihubungi oleh Republika.co.id, Rabu (22/3).

Selain itu saat keadaan darurat, warga seharusnya memiliki kapal jenazah. Sehingga jenazah yang tidak bisa dimakamkan di pulau dapat dibawa ke Jakarta.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo mengatakan setiap pulau di Kepulauan Seribu sudah memiliki lahan pemakaman. Hanya saja, Budi menuturkan, Pulau Kelapa belum memiliki lahan pemakaman.

"(Pulau Kelapa) masyarakatnya cukup banyak. (Hal tersebut dikarenakan) keterbatasan lahan," ujar Budi di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menyebutkan beberapa waktu lalu masyarakat Kepulauan Seribu meminta pengadaan kapal jenazah. "Ini mimpinya masyarakat Pulau Seribu yang dulu. Tahun ini sedang kami realisasikan untuk kapal jenazah (dua unit)" ujar Sumarsono. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement