Ahad 12 Mar 2017 03:42 WIB

Muhammadiyah Berencana Bangun Lembaga Pendidikan Islam di Australia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Angga Indrawan
Kader-kader Muhammadiyah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Kader-kader Muhammadiyah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammmadiyah tengah berencana mendirikan lembaga pendidikan Islam di Australia. Lembaga pendidikan tersebut nantinya akan menyediakan jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Bendahara Umum PP Muhammadiyah Suyatno mengungkapkan, seperti diketahui Muhammadiyah memiliki Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di Melbourne, Australia. Bertolak dari hal tersebut, PP Muhammadiyah dan PCIM Melbourne Australia berniat untuk mengembangkan pendidikan Islam di sana. 

"Nanti kita akan membuat sekolah pendidikan Islam di Australia, pendidikan dasar sampai menengah," ujar Suyatno seperti dilaporkan laman Suara Muhammadiyah, Sabtu (11/3). 

Terkait proses pembangunan, Suyatno menerangkan saat ini pihaknya tengah melakukan negosiasi guna menyediakan lahan bangunan. Adapun luas lahan yang diperkirakan akan dibeli Muhammadiyah yakni sekitar tujuh hektare. "Di tanah tersebut katanya sudah ada bangunan yang bisa digunakan untuk sekolah. Tapi nanti Muhammadiyah akan melalukan perluasan (bangunan)," tuturnya menjelaskan. 

Menurut Suyatno rencana pembangunan sekolah Islam di sana mendaoat sambutan baik dari otoritas terkait, termasuk pemerintah. "Pemerintah setempat sudah tahu Muhammadiyah akan mendirikan sekolah di sana. Responsnya cukup bagus," ucapnya. 

Ia mengatakan nantinya sekolah tersebut akan menghimpun siswa dari berbagai kalangan. Dengan demikian, diharapkan Muhammadiyah dapat membangun komunitas pendidikan di Melbourne. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement