Sabtu 11 Mar 2017 01:57 WIB

Kembangkan Daerah Pedesaan, Indonesia Gandeng Malaysia

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo ingin menjalin kerja sama dengan Malaysia dalam pengembangan e-commerce untuk promosi dan pemasaran desa. Di samping itu, ia juga berharap dapat bekerja sama dengan Malaysia dalam peningkatan kapasitas masyarakat di bidang informasi dan teknologi serta bidang lainnya yang bermanfaat bagi pembangunan desa. "Semoga kerja samanya menjadi lebih konkret, khususnya antara Kementerian Desa dengan Kementerian Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah," ujarnya, Jumat (10/3).

Eko menjelaskan Kementerian Desa terus berupaya memasukkan investor Malaysia untuk berinvestasi di Indonesia. Sejauh ini, sektor pembangkit listrik, batubara, dan juga karet masih dalam tahap penjajakan investasi oleh Malaysia.   "Malaysia selalu menjadi mitra penting Indonesia tak hanya dalam hubungan bilateral namun juga forum regional dan internasional," ungkapnya.

Kementerian Desa juga mengundang Pemerintah Malaysia untuk menghadiri Village Development Forum yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang. Duta Besar Malaysia Dato Seri Zahrain Mohammed Hashim mengatakan pihaknya juga berharap bisa meningkatkan kerja sama sosial dan ekonomi di perbatasan. Dengan begitu, tingkat kesenjangan dan penyelundupan manusia bisa ditekan. "Selain itu, peningkatan ekonomi masyarakat perbatasan pun dapat mencegah orang-orang berpindah secara ilegal." 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement