Selasa 07 Mar 2017 21:15 WIB

Irwan: Ernest Akui Pernyataannya Menyusahkan Sido Muncul

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ernest Prakasa
Foto: IG Ernest Prakasa
Ernest Prakasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Sido Muncul Tbk merasa gerah dengan kicauan komika Ernest Prakasa yang menyindir pertemuan Wapres Jusuf Kalla (JK) dan ulama Zakir Naik. Gara-gara itu, warganet (netizen) yang kesal dengan ulah Ernest menyerukan agar memboikot Tolak Angin melalui tagar #BoikotTolakAngin dan berganti mengonsumsi Antangin JRG.

Bahkan, ada warganet yang menunjukkan kemasan Tolak Angin dibuang ke tempat sampah. Ernest merupakan bintang iklan Tolak Angin yang merupakan produk PT Sido Muncul.

Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, tindakan Ernest tidak ada kaitannya dengan perusahaannya maupun produk Tolak Angin. Irwan mengaku, perusahaannya akan membuat kontrak secara lebih detail tentang penggunaan media sosial (medsos)  merujuk kasus yang menimpa Ernest. Dia tidak ingin, salah satu bintang iklan produknya nanti bermasalah hingga membuat citra perusahaannya terpuruk.

"Apa yg dilakukan ini di luar kerja sama kami dengan Ernest. Saya tak halangi demokrasi dalam media sosial, yang paling penting tak menimbulkan keresahan," ujar Irwan, Selasa (7/3).

Dia menegaskan, tidak diperpanjangnya kerja sama Ernest terkait dua faktor. Selain karena kontrak Ernest akan habis, sambung dia, juga terkait status di medsos. Irwan mengatakan, tidak ada gunanya juga memperpanjang kontrak bintang iklan yang keberadannya malah memicu keresahan publik.

"Kalau misal diperpanjang gara-gara ini pasti saya setop. Apalagi saya, perusahaan publik yang saya pikirkan bisnis saja. (Ernest) Ini tak ada hubungannya sama kami. Ini jadi beban perusahaan. Saya tak sukai hal-hal yang menimbulkan perpecahan," kata Irwan.

Irwan mengungkap, Ernest sudah mengontaknya untuk mengklarifikasi statusnya di medsos yang membuat heboh. Menurut Irwan, Ernest mengakui perbuatannya itu ikut menyeret PT Sido Muncul yang mengontraknya menjadi brand ambassador.

"Kami tak ikut-ikut. Ernest sudah hubungi saya dan minta maaf secara pribadi, dia merasa gara-gara pernyataannya menyusahkan Sido Muncul. Muncul berita menyerang Tolak Angin, saya juga menyesali keributan ini," ujarnya.

Irwan menjelaskan dipilihnya Ernest sebagai bintang iklan Sido Muncul. Dia menyatakan, dalam setiap iklan produk selalu dibuat variasi menggunakan sosok terkenal. Adapun Ernest dipilih mewakili komedian dan etnis Tionghoa. Irwan melanjutkan, Sido Muncul juga mengontrak putri Wapres JK, Khairani Kalla untuk menggaet pangsa pasar masyarakat Indonesia timur. Semua pemilihan bintang iklan memang murni untuk kepentingan bisnis perusahaan.

"Dulu kita kepingin lain-lain, ada budayawan, atlet, etnis Cina, warga keturunan Arab, dan wartawan Pak Dahlan Iskan. Ernest itu komedian kita pilih, dikontrak setahun sejak tahun lalu," ujar Irwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement