Selasa 07 Mar 2017 10:47 WIB

Mentan akan Panen Padi di Jawa Timur

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan panen tanaman padi di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro, Jawa Timur, sekaligus mengecek penyerapan beras dan gabah dalam pengadaan di wilayah kerja Bulog Subdivre III Bojonegoro. Kepala Bagian Humas dan Media Pemkab Tuban Agus Wijaya menjelaskan Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan mengunjungi panen raya tanaman padi di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

"Luas areal tanaman padi yang panen musim hujan di desa setempat sekitar 250 hektare," kata dia, Selasa (7/3).

Sebelum itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga akan mengunjungi panen raya tanaman padi di Desa Babat, Lamongan, dan juga di Bojonegoro yang masuk wilayah kerja Bulog Subdivre III Bojonegoro. Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro Akhmad Djupari menjelaskan lokasi panen tanaman padi yang akan dikunjungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Desa Kedungarum, Kecamatan Kanor, Rabu (8/3).

Panen raya tanaman padi di desa setempat, lanjut dia, juga akan dilakukan penyerapan gabah hasil panen petani. "Harga gabah di tingkat petani di daerah kami untuk kualitas paling rendah sekitar Rp3.400 per kilogram gabah kering panen (GKP)," ujar dia.

Namun, menurut dia, Bulog Subdivre III akan membeli gabah panen tanaman padi dengan harga Rp3.700 per kilogram dengan persyaratan kadar air berkisar 25-30 persen. "Tapi panen tanaman padi di daerah kami rata-rata kualitas menengah," katanya.

Ia juga menyebutkan tanaman padi di daerahnya pada musim hujan tahun ini mencapai 65.000 hektare. "Panen tanaman padi musim hujan sudah sekitar 70 persen, sedangkan yang belum panen sekitar 30 persen," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement