Senin 06 Mar 2017 21:54 WIB

Peristiwa Ustaz Khalid Basalamah, Kedua Pihak Diminta Menahan Diri

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ilham
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Mastuki HS
Foto: istimewa
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Mastuki HS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag, Mastuki HS meminta kedua pihak menahan diri terkait penghentian pengajian yang diisi Ustaz Khalid Basalamah. Menurut Mastuki, peristiwa ini bisa mendewasakan bila disikapi secara dewasa pula.

Dia mengatakan, perbedaan dalam umat Islam sudah ada sejak lama. Bila diteruskan di tengah kondisi yang kurang kondusif, dikhawatirkan jadi konflik. Karena itu, sangat perlu ada dialog.

''Dialog kabarnya sudah dilakukan bahkan sudah dimediasi Kapolresta Sidoarjo. Kami imbau dialog dimaksimalkan. Kalau saling ngotot, yang terjadi malah benturan,'' kata Mastuki.

Informasi yang ia ketahui, negosiasi penyelenggara dengan otoritas setempat sudah dilakukan. Tapi karena waktunya sedikit, saat negosiasi belum selesai acara sudah berjalan.

Dia meminta tokoh agama hadir untuk menjembatani permasalahan tersebut. Sebab, tiap kelompok punya preferensi ulama yang bisa menjembatani dialog. ''Kami mengajak semua tahan diri dan mengurangi hal-hal yang dapat memperuncing perbedaan. Kurangi menyebarkan informasi yang justru memperkeruh, cukup untuk diri sendiri,'' kata Mastuki.

Mastuki menyampaikan, kejadian semacam ini berkaitan dengan etika menggelar pengajian atau taklim baik oleh penyelenggara, penceramah sendiri, maupun masyarakat. Dengan begitu, tiap pihak memahami konteks sosial. Sebab, yang sering terjadi adalah salah paham.

Di era terbuka seperti saat ini, informasi tidak bisa ditutupi. Jangan sampai ada ujaran tidak baik karena ada asumsi sejak awal. Ini bisa dikurangi kalau ada dialog. ''Kami tidak mungkin membatasi, ini era terbuka. Tapi memang harus dipahami, internal umat Islam banyak beda, tapi jangan itu yang ditonjolkan. Kami yakin ada jalan tengahnya,'' kata Mastuki.

Sebelumnya, pengajian yang diisi Ustaz Khalid Basalamah dihentikan karena ada penolakan dari GP Ansor Sidoarjo. Peserta kegiatan sendiri tetap berada dalam ruangan acara karena panitia hanya meminta Ustaz Khalid Basalamah menghentikan ceramah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement