Senin 06 Mar 2017 15:09 WIB

Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair

Dua buruh semprot membawa selang untuk menyemprot pupuk cair di Desa Semiring, Mangaran, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (17/7).
Foto:

"Biota tanah terlindungi sehingga dapat memperbaiki/mempertahankan kualitas tanah serta meningkatkan kuantitas dan kualitas produk hasil tanaman," kata dia.

Ia mengatakan, Bahan dasar MOL berasal dari berbagai sumber yang mengandung unsur hara mikro, makro, bakteri perombak bahan organik, perangsang pertumbuhan dan agen pengendali hama/penyakit tanaman. Oleh karena itu, MOL dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair, decomposer atau biang pembuatan kompos, serta Pestisida nabati.

Sumber bahan MOL dapat diambil diantaranya seperti karbohidrat (sumber C) berasal dari  air cucian beras, singkong, kentang, nasi dan lain-lain. Kemudian glukosa (sumber C dan N) berasal dari air gula merah, gula pasir, molases dan urin sapi. Serta vitamin dan mineral yang berasal dari air kelapa dan susu bekas.

Berikut cara pembuatan MOL:

Pembuatan MOL dengan Bahan Dasar Berenuk

Pertimbangan dalam memanfaatkan berenuk sebagai bahan dasar antara lain berenuk merupakan bahan yang banyak tersedia tetapi tidak dimanfaatkan dan hanya menjadi limbah pertanian. Selain itu kandungan buah berenuk yaitu saponin yang merupakan pelindung terhadap serangan serangga.

Bahan:

5 buah berenuk

30 liter air beras

20 liter air kencing sapi/kerbau/kambing/kelinci

Cara Pembuatan

Haluskan buah berenuk lalu masukkan dalam drum/tong plastik

Masukkan 30 liter air beras dan 20 liter air kencing kemudian aduk rata lalu tutup rapat dengan plastik.

Masukkan slang plastik (diameter 0,5 cm) sambungkan ke dalam botol plastik yang telah diisi air tawar.

Biarkan selama 15 hari.

Saring larutan MOL dan masukkan kedalam wadah penyimpanan (jerigen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement