Sabtu 04 Mar 2017 07:16 WIB

Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Segmen IV Tunggu APBD Perubahan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
 Jalan Lingkar Selatan (Lingsel) Sukabumi.
Foto: skyscrapercity.com
Jalan Lingkar Selatan (Lingsel) Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Proses pembangunan jalan lingkar selatan Sukabumi segmen IV sepanjang 5,5 kilometer belum masuk penganggaran. Rencananya, dana pembangunan baru akan didorong pada APBD Perubahan 2017 Provinsi Jawa Barat pada pertengahan tahun nanti.

Data Balai Pengelolan Jalan (BPJ) Wilayah Pelayanan II Sukabumi, Dina Bina Marga Jabar menyebutkan, segmen IV jalan lingkar selatan Sukabumi mulai dari Jalan Pembangunan, Selakaso Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum sampai Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. "Segmen IV tanahnya belum dibebaskan," kata Kepala Seksi Pembangunan BPJ Wilayah Pelayanan II Sukabumi, Dinas Bina Marga Jabar Ruhiyat kepada wartawan Jumat (3/3).

Namun lanjut dia Pemprov Jabar berupaya secara maksimal menyelesaikan pembangunan jalan lingkar selatan tersebut.Tahapannya ujar Ruhiyat dimulai dengan pembebasan tanah. Rencananya lanjut dia alokasi anggaran pembangunan segmen IV sepanjang 5,5 kilometer baru masuk pada APBD Perubahan 2017.

Ruhiyat menerangkan, sebenarnya pengajuan anggaran pembangunan jalan lingkar Sukabumi sudah dilakukan sebelumnya. Namun, prioritas pembangunan tidak hanya pada sektor jalan melainkan sejumlah bidang lainnya. Lebih lanjut Ruhiyat membantah adanya anggapan dana pembangunan jalan tersedot pada pembangunan jalan di sekitar Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Informasi yang diperoleh, dana yang dikucurkan Pemprov Jabar untuk jalan tersebut mencapai sekitar Rp 200 miliar. "Kalau disebut prioritas utama tidak, namun geopark sebagai salah satu unggulan memang mendapatkan perhatian," ujar Ruhiyat.

Dalam artian pemerintah memberikan perhatian untuk ditangani seperti jalan lainnya yang masuk kewenangan pengelolaan Pemprov Jabar. Misalnya kata Ruhiyat, akses jalan provinsi di jalan lingkar selatan Sukabumi mulai dari Cibolang Kecamatan Cisaat hingga Kota Sukabumi.

Sarana jalan tersebut saat ini mengalami kerusakan di beberapa titik.Menurut Ruhiyat, kerusakan itu akan dilakukan perbaikan sebagai bagian dari pemeliharaan jalan. Namun lanjut dia jalan provinsi di Sukabumi baik di kota maupun kabupaten Sukabumi masih dalam keadaan baik. Meskipun lanjut dia ada yang menggalami kerusakan namun masih bisa dilalui kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement