Selasa 28 Feb 2017 11:19 WIB

Maret, Wi-Fi Gratis akan Dipasang di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Rep: neni ridarineni/ Red: Dwi Murdaningsih
 Jalan Malioboro di Yogyakarta.
Foto: Antara/Noveradika
Jalan Malioboro di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Wi-Fi gratis akan ditempatkan di sepanjang sumbu filosofi Yogyakarta, di antaranya dari Tugu (tiga titik), Taman Parkir Abu Bakar Ali (satu titik), Alun-Alun Utara (empat titik), dan Alun-alun Selatan (dua titik). Di samping itu juga Tahura (Taman Hutan Raya) Gunungkidul (tiga titik). Wi-Fi ini akan ditempatkan pada bulan Maret.

"Jadi seluruhnya untuk tahap awal ada 13 titik. Hal ini untuk mendulung sektor usaha, wisata, dan lain-lain," kata Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Dinas Kominfo DIY Sugeng Wahyudi.

Dipilihnya lokasi tersebut karena merupakan pusat-pusat strategis yang memang publik berkumpul di situ dengan segala keperluannya dan menjadi pusatnya Yogyakarta. Anggarannya dari Danais sekitar Rp 900 juta dan ini termasuk untuk pengadaan peralatan.

Akses Wi-Fi ini bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa membayar. Username Wi-Fi-nya adalah Jogjaistimewa, dan tanpa password. Untuk satu titik bisa menampung sekitar 250 perangkat. Sugeng mengakui selama ini di sepanjang Malioboro sudah ada Wi-Fi yang dibangun oleh Pemkot Yogyakarta, tetapi baru 10 titik. Penambahan Wi-Fi untuk peningkatan kenyamanan pengunjung dan wisatawan di Yogyakarta, terutama kasawan Tugu-Malioboro-Keraton. Karena di kawasan tersebut merupakan pusat perekonomian dan pariwisata di DIY.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement