Ahad 26 Feb 2017 12:12 WIB

Empat Wilayah Ini Sumbang Sampah ke Kepulauan Seribu

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bayu Hermawan
Pulau Seribu
Foto: Indonesiatravel
Pulau Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu Riza Lestari Ningsih mengatakan ada komunitas penyelam yang mengikuti aksi Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Sabtu (25/2). Sekitar 40 penyelam mengambil sampah di dasar laut. Berat sampah yang dikumpulkan mencapai 73 Kg.

"Komposisinya (sampah) lebih banyak sampah, plastik, dan kemasan-kemasan," ujar Riza saat dihubungi oleh Republika.co.id, Ahad (26/2).

Ia menjelaskan sampah laut atau brief di wilayah Kepulauan Seribu berasal dari Jakarta, Tangerang, Banten, Lampung. Untuk wilayah Jakarta, Sudin Dinas LH Kepulauan Seribu sudah menjaring sampah-sampah tersebut di muara sungai.

"Tapi untuk daerah lain kita belum bisa. Kewenangannya kan beda. Itu yang perlu kita kerjasamakan mungkin ya sehingga sampah laut di Kepulauan Seribu bisa ditekan," katanya.

Maka dari itu, Riza mengatakan Sudin Dinas LH Kepulauan Seribu memiliki rencana solusi agar Kepulauan Seribu tidak dipenuhi sampah lagi. Terkait sampah laut atau brief kiriman dari muara sungai, Sudin Dinas LH Kepulauan Seribu berencana bekerja sama dengan wilayah lain.

"Lalu mungkin kita juga mesti bekerja sama juga sama LIPI jadi kita bisa belajar arus laut sehingga kita bisa lebih efektif menempatkan jaring-jaring sampah seperti itu, dan  teknologi-teknologi lain," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement