Selasa 21 Feb 2017 14:00 WIB

Siswa MTsN 2 Bandung Buat Gaun Cantik dari 'Sampah'

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gaun cantik dari bahan daur ulang kreasi siswa MTsN 2 Bandung
Foto: Arie Lukihardianti/Republika
Gaun cantik dari bahan daur ulang kreasi siswa MTsN 2 Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah siswa  MTs di Kota Bandung, memperlihatkan ide kreatifnya, di acara Hari Peduli Sampah Nasional 2017, yang digelar di Balai Kota Bandung, Selasa (21/2). Pelajar MTs Negeri 2 Kota Bandung tersebut, membuat karya gaun-gaun indah dari limbah sampah.

Menurut Khairunnisa Yunia, salah satu siswi kelas 2 MtsN 2 Bandung pembuat gaun dari sampah, ia bersama lima orang teman-temannya membuat pakaian unik dari limbah sampah terinspirasi dari majalah dan internet. Mereka kemudian membuat gaun daur ulang dari limbah sampah yang dikreasikan sehingga menjadi gaun yang cantik.

Gaun karya Khairunnisa dan teman-temannya terbuat dari sampah bungkus kopi, bekas sedotan, bekas tutup botol, bekas bungkus buah-buahan, kantong plastik bekas, busa sandal juga sendok plastik bekas. Selama dua pekan, mereka membuat pakaian tersebut.

"Ini ditempel-tempel saja, ada yang dijahit juga. Inspirasinya dari mana-mana, dari majalah dan internet," ujar Khairunnisa.

Selain Khairunnisa, ada juga Julfi. Julfi yang juga siswi MTs Negeri 2 Kota Bandung membuat baju dari tali rafia dan bekas koran. Julfi hanya membuat pakaian daur ulang itu selama satu pekan.

"Ini bikin sendiri, cuma seminggu saja. Idenya dari mana saja, terinspirasi dari khayalan-khayalan saya," katanya.

Karena kreatifitasnya, Khairunissa dan teman-temannya, berhasil meraih kemenangan dari lomba fashion show pakaian daur ulang tersebut. Ia, menyabet gelar juara satu. Khairunnisa dan teman-temannya pun di undang ke Balai Kota Bandung untuk menerima hadiah dari Pemkot Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement