Jumat 17 Feb 2017 16:40 WIB

Ganjar: Cadangan Pangan untuk Bencana Alam Aman

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Angga Indrawan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan pemaparannya pada acara BUMN Menginspirasi, di SMK Negeri Jawa Tengah, Semarang, Jateng, Kamis (8/12).
Foto: Antara/R Rekotomo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan pemaparannya pada acara BUMN Menginspirasi, di SMK Negeri Jawa Tengah, Semarang, Jateng, Kamis (8/12).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan cadangan pangan untuk sejumlah daerah di Jawa Tengah yang sedang dilanda bencana alam cukup aman. Terutama di Kabupaten Brebes yang hingga saat ini jumlah pengungsinya terus bertambah.

“Saya kurang hafal berapa persisnya, namun saya pastikan stok pangan untuk menangani bencana alam ini sangat cukup,” katanya, saat mendampingi menteri Keuangan, Sri Mulyani meninjau jalan tol ruas Bawen-Salatiga, Jumat (17/2).  

Menurut Gubernur, pihaknya sudah menunjuk incident commander, dalam hal ini Komandan Kodim (Dandim) 0713/Brebes. Hari ini telah diupayakan alat berat ke sumber luapan sungai di  Brebes.

Pun demikian tim dari BPBD, TNI, Polri, semuanya sudah turun dan sekarang dalam semuanya sudah dalam penanganan. “Saya paham betul masyarakat sudah tidak sabar. Kendati demikian, pemerintah tidak bisa menyedot air banjir seketika,” katanya.

Yang ada, menurutnya, adalah menghentikan sementara aliran air Sungai Pemali yang masuk ke permukiman akibat ada tanggul sungai yang jebol Sehingga bencana banjir yang terjadi di Brebes kali ini cukup besar.

“Sama- sama banjir di Brebes di Brebes agak besar, Kudus ada sedikit. Semarang di Banjir Kanal Timur, jebolnya cukup serius namun pagi harinya langsung ditangani,” ujarnya.

Khususnya banjir di Brebes, pemerintah hendak berusaha melakukan penanggulangan sementara. Karena untuk menyiapkan program perbaikan selanjutnya membutuhkan biaya yang sangat besar.

Penanganan banjir tidak akan bisa selesai dalam satu atau dua bulan. Sebab penanganan banjir ini aada hubungannya dengan konservasi di daerah hulu, perilaku masyarakat, disamping sedimentasi yang harus dilakukan normalisasi.

“Tidak bisa serta merta, berekspetasi untuk menyulap ini dalam jangka pendek ini agak sulit. Kemarin saya sudah bertemu pak Menteri PUPR di Undip, ngobrol banyak soal itu. Prinsipnya kita akan siapkan,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement