Jumat 17 Feb 2017 07:40 WIB

DPRD DKI Berharap Jakarta tak Dilanda Banjir Besar

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ilham
Banjir Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Banjir Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi D Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Iman Satria berharap Jakarta tidak dilanda banjir besar mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Namun, ia yakin Dinas Sumber Daya Air bisa mengatasi banjir.

Menurut Iman, ada banyak cara untuk mengatasi banjir. Salah satunya dengan memperbarui pompa yang sudah tua. "Pompa-pompa yang memang tua-tua harus diganti itu dengan yang baru," kata Iman saat dihubungi oleh Republika.co.id, Kamis (16/2)

Selain itu, setelah diganti dengan pompa baru, Iman mengatakan, harus ada pengawasan yang lebih ketat lagi. "Jangan sampai (tanggul) jebol baru dibetulin, diperiksa lagi, diperiksa ulang. Rutin pengecekan," katanya.

Sisi lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan normalisasi sungai dengan cara memindahkan atau merelokasi penduduk yang masih tinggal di bantaran sungai. Salah satunya, normalisasi sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri.

Pinggiran sungai Ciliwung kini dibeton agar airnya tidak meluap. "Keadaan wilayah (Bukit Duri) memang segitu. Tapi (daerah) yang lain masih bisa diperlebar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement