Ahad 12 Feb 2017 21:43 WIB

Awal Tahun Sudah 27 Kali Kebakaran di Kabupaten Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Ilustrasi Kebakaran
Foto: IST
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG — Terhitung sejak awal Januari hingga 11 Februari 2017, tercatat sudah 27 kali kasus kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Meskipun menyebabkan kerugian materiil, kejadian kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa.  

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Kawaludin, kebakaran tidak hanya terjadi di rumah warga, tapi juga pabrik, bahkan gudang barang rongsokan. Pada Jumat (10/2), kebakaran menimpa satu rumah warga di kawasan Cisangkuy, Kecamatan Katapang. Sedangkan Sabtu (11/2), giliran rumah di Kampung Cibintinu, Desa Sukasari, Kecamatan Pameungpeuk.

Kawaludin mengatakan, kebanyakan kasus kebakaran ini dipicu kelalaian warga. “Tungku yang lupa dimatikan, dan pemakaian jaringan listrik kurang baik, sehingga menyebabkan arus pendek,” kata dia.

Karena itu, Kawaludin mengimbau masyarakat lebih berhati-hati. Warga diminta menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari sumber api. Warga juga disarankan menata kembali jaringan listrik di rumah agar mencegah terjadinya korsleting.

Untuk mengatasi kasus kebakaran ini, di Kabupaten Bandung terdapat tiga pos pemadam. Selain di Soreang, ada juga pos di Ciparay dan Cicalengka. Kawaludin mengatakan, ada sembilan unit mobil pemadam kebakaran yang disiagakan untuk membantu warga. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement