Jumat 10 Feb 2017 14:31 WIB

Warga Korban Banjir Sumbawa Butuh Air Bersih

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Ilham
Banjir Sumbawa, NTB.
Foto: dok.Istimewa
Banjir Sumbawa, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Zainal Abidin mengatakan, warga terdampak korban banjir di Sumbawa membutuhkan bantuan berupa air bersih. "Rata-rata mereka butuh air bersih, karena sumur dan air minuman banyak yang kena lumpur," ujar dia saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (10/2).

Menurut dia, BPBD Kabupaten Sumbawa, sudah mengirim bantuan ke beberapa titik, seperti wilayah Moyo Hilir dan Moto Utara. "Insya Allah akan kita teruskan ke wilayah lain," lanjut dia.

Untuk kebutuhan warga, kata Zainal, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumbawa juga telah mendirikan dapur umum di Kantor Dinsos Sumbawa. Selain itu, PMI dan sejumlah warga juga telah berinisiatif mendirikan dapur umum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa juga telah mengimbau warga agar berinisiatif untuk mendirikan dapur umum. Sekitar 3-5 ribu nasi bungkus per hari terus didistribusikan bagi warga terdampak banjir.

"Nanti bahan dan logistik dibantu Pemda. Imbauan Sekda, setiap SKPD ikut berpartisipasi bantu masyarakat yang kena banjir, dari luar juga sudah ada bantuan dari pihak bank, swasta, dan BUMN," kata Zainal.

Untuk fasilitas kesehatan, Zainal menyampaikan, setiap kecamatan telah membentuk posko kesehatan dari Dinas Kesehatan Sumbawa untuk memberikan pengobatan bagi masyarakat terdampak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement