Rabu 01 Feb 2017 13:57 WIB

Daftar Calon Komisioner KPU-Bawaslu yang Diterima Presiden

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Saldi Isra
Saldi Isra

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Tim Seleksi (timsel) KPU-Bawaslu, Saldi Isra dan para anggota tim seleksi siang ini menyerahkan sejumlah nama yang lolos seleksi calon Komisioner KPU dan anggota Bawaslu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan, tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 telah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi sesuai UU penyelenggaraan pemilu. 

"Kita sudah melakukan tahap pertama itu pendaftaran calon, membuka pendaftaran calon, lalu mengumumkan calon, calon yang memenuhi syarat administrasi. Dari lebih enam ratusan orang yang mendaftar kemudian lolos ke tahap kedua, saya angkanya sendiri ada lupa," kata Saldi di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (1/2). 

Dalam seleksi tahap kedua, lanjut dia, timsel melakukan sejumlah tes tertulis terkait tata kelola pemilu. Kemudian dilanjutkan dengan tes kesehatan dan juga tes psikologi. Dari hasil seleksi tahap kedua, terdapat 58 calon yang lolos yang terdiri dari 36 calon anggota KPU dan 22 calon anggota Bawaslu. 

Kemudian di proses seleksi tahap ketiga, terdapat 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang berhasil lolos. Nama-nama calon yang lolos seleksi tersebut, kata Saldi, diserahkan ke Presiden Joko Widodo hari ini. 

Saldi menyampaikan kandidat calon komisioner KPU dan Bawaslu tersebut harus memenuhi lima kriteria utama. Yakni independensi, integritas calon, kemampuan tata kelola pemilu, kepemimpinan, dan juga kesehatan. 

Dalam proses seleksi ini, Saldi mengatakan, tim seleksi tidak membedakan jabatan para kandidat. Yang terpenting, kata dia, kandidat tersebut memenuhi kriteria yang telah ditentukan. 

"Kami tim seleksi ada pada posisi, tidak membedakan calon dari mana posisinya. Kita lihat apakah seorang memenuhi lima kriteria seperti yang saya sampaikan tadi, atau tidak. Jadi enggak ada istilahnya dari ini, dari ini. Semua kami posisikan sebagai calon dan diperlakukan sama oleh timsel," tegas dia. 

 

Berikut nama calon anggota KPU yang lolos seleksi:

 

  1. Amus Atkana
  2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
  3. Ilham Saputra
  4. Evi Novida Ginting Manik
  5. Fery Kurnia Rizkiyansyah
  6. Idha Budhiati
  7. Wahyu Setiawan
  8. Sri Budi Eko Wardani
  9. Pramono Ubaid Tanthowi
  10. Yessy Y. Momongan
  11. Hasyim Asy'ari
  12. Arief Budiman
  13.  Viryan
  14. Sigit Pamungkas

 

Calon anggota Bawaslu yang lolos seleksi:

  1.  Ratna Dewi Petalolo
  2.  Mohammad Najib
  3.  Abhan
  4.  Sri Wahyu Araningsih
  5.  Fritz Edward Siregar
  6.  Syafrida Rachmawati Rasahan
  7.  Mochammad Afifudin
  8.  Herwyn Jefier Hielsa Malonda
  9.  Abdullah
  10.  Rahmat Bagja

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement