Senin 23 Jan 2017 09:09 WIB

Personel Polda Metro Jaya Siaga Jika Massa FPI Bertambah

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah aparat Polda Metro Jaya berbaris melakukan penjagaan (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah aparat Polda Metro Jaya berbaris melakukan penjagaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya bersama personel gabungan telah siap melakukan pengamanan dan pengawalan massa Front Pembela Islam (FPI) yang akan mengawal pemeriksaan Habib Rizieq Sihab. Rizieq akan melakukan pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono mengatakan koordinasi pengamanan bersama personel gabungan Polda dan TNI telah dilakukan sejak semalam. Senin pagi tadi juga telah dilakukan apel persiapan sejak pukul 06.30 WIB.

"Dari tadi malam sudah kami siapkan beberapa pasukan dan sudah lakukan koordinasi. Kami amankan titik massa di mana mereka berkumpul," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/1).

Selain persiapan personel gabungan, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak sembilan unit mobil barracuda dan kawat besi di depan pintu masuk Polda. Untuk titik massa kumpul, telah disiapkan pengamanan dan pengawalan sejak mereka di masjid Al-Azhar hingga melakukan longmarch sampai ke Polda.

"Kami amankan rute yang akan dilewati, tentunya nanti setelah sampai di Polda Metro Jaya kami berikan pengamanan di sini. Nanti juga akan ada beberapa perwakilan pengacara yang mendampingi Rizieq dan massa lain hanya di depan," kata Argo.

Saat ditanyakan jumlah personel, Argo enggan menjawab. Dia hanya menegaskan apabila nanti dibutuhkan lebih maka akan disiapkan. "Untuk pesonel kami situasional saja, lihat dulu berapa update massa yang akan datang," ungkapnya.

Untuk diketahui sebelumnya FPI sudah melayangkan surat pemberitahuan akan ada 2.000 orang yang mengawal proses pemeriksaan Imam besarnya itu. Rizieq diperiksa atas tuduhan lambang palu arit di logo rupiah baru keluaran Bank Indonesia tahun emisi 2016.

(Baca Juga: Habib Rizieq Diperiksa, Ini Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Polda Metro Jaya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement