Senin 23 Jan 2017 08:36 WIB

Purwakarta akan Bangun Hotel Khusus Hewan, Seperti Apa Bentuknya?

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah
Hewan sapi, menjadi salah satu hewan yang mendapat perhatian Pemkab Purwakarta sehingga akan dibangunkan sebuah hotel khusus hewan
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hewan sapi, menjadi salah satu hewan yang mendapat perhatian Pemkab Purwakarta sehingga akan dibangunkan sebuah hotel khusus hewan

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta, berencana membuat hotel untuk hewan ternak. Hotel tersebut, nantinya menjadi tempat persinggahan hewan. Hotel ini, akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Termasuk, fasilitas pijat dan spa untuk hewan.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, saat ini Purwakarta sudah memiliki stadion ketangkasan hewan. Stadion ini, merupakan arena uji ketangkasan. Karena itu, fasilitas ini akan dilengkapi dengan dibangunnya hotel khusus hewan tersebut.

"Jadi, hewan yang datang dari Garut, Cianjur, Tasikmalaya, dan lainnya sebelum bertanding ketangkasan, bisa istirahat dulu di hotel tersebut," ujar Dedi, kepada Republika.co.id, Senin (23/1).

Menurut Dedi, dengan adanya hotel ini, maka hewan yang akan uji ketangkasan bisa melepaskan lelah setelah melakukan perjalanan jauh. Hewan tersebut, tidak stres. Apalagi, dengan ada fasilitas pijat dan spa, maka esok harinya hewan itu dalam kondisi fit. Dengan begitu, performa mereka saat mengikuti uji ketangkasan bisa maksimal.

Menurut Dedi, hotel hewan ini akan berkonsep arsitektur tradisional. Bahan bakunya, tentu yang tersedia di alam. Seperti, kayu dan bambu. Serta, menggunakan atap dari ijuk pohon aren.  "Hotel ini, akan dibangun 30 kamar (kandang). Dengan biaya Rp 10 miliar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Sri Wuryasturati, mengatakan, stadion ketangkasan hewan di Kampung Cikubang, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, luasnya mencapai 10 hektare. Selain stadion, nanti di lokasi itu juga ada hotel khusus hewan. Serta, villa bagi para pemilik hewan yang akan mengikuti uji ketangkasan. "Saat ini, kapasitas stadionnya antara 800 hingga seribu penonton," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement