Senin 23 Jan 2017 08:15 WIB

Habib Rizieq Diperiksa, Ini Rekayasa Lalin Sekitar Polda Metro Jaya

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Rekayasa lalu lintas
Foto: Republika/Yasin Habibi
Rekayasa lalu lintas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dalam kasus palu arit akan digelar di Polda Metro Jaya, Senin (23/1) pagi ini. Pihak kepolisian pun melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk membuat situasi lalu lintas tetap kondusif dan dinamis sehingga seluruh activitas masyarakat tetap dapat berjalan dengqn aman, lancar dan berkeselamatan.

Kasubdit Bin Gakkum Diltantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, rekayasa lalin tersebut perlu dilakukan lantaran ribuan massa tersebut akan menyampaikan aspirasi di depan Markas Polda Metro di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. "Rekayasa lalu lintas dalam bentuk alih arus sifatnya situasional melihat perkembangan situasi di lapangan," ujar Budiyanto kepada wartawan, Sabtu (23/1).

Budiyanto mengatakan, pertama pihaknya akan mengoptimalkan ruas penggal jalan di depan Mapolda Jalan Jenderal Sudirman terlebih dulu untuk tetap memberikan ruang kepada masyarakat pengguna Jalan lainnya sehingga seluruh aktivitas dapat berjalan dengan normal dan lancar. "Kita sambil mengimbau kelompok masyarakat yang menyampaikan aspirasi untuk tertib dan tidak menutup jalan," ucap dia.

Namun, lanjut dia, apabila situasi lalu lintas di depan Mapolda sudah tak dapat dilewati dan menurut pertimbangan petugas perlu adanya tindakan diskresi Kepolisian maka akan dilakukan reyakasa bentuk alih arus sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Cawang yang akan mengarah Jalan Jendral Sudirman di Semanggi diluruskan ke Jalan Gatot Subroto - Skat 2 - Jalan Gerbang Pemuda - Asia Afrika - Pakubuono - CSW - Blok M  dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas dari Bundaran HI yang akan mengarah depan Mapolda di Semanggi dibelokan ke kiri ke Gatot Subroto - Simpang Kuningan belok kanan arah Mampang - Jalan Tendean dan seterusnya atau diarahkan naik ke atas Semanggi - Gatot Subroto - Skat 2 - Jalan Gerbang Pemuda - Asia Afrika - Pakubono - CSW -Blok M dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas dari Slipi yang akan mengarah ke Jalan Sudirman (depan Mapolda) di Semanggi diluruskan ke simpang Kuningan (Ende 3) belok kanan ke Mampang - Jalan Tendean - W Monginsidi - Blok M dan seterusnya.

4. Arus lalu lintas dari blok M yang akan mengarah Semanggi dibelokkan ke kiri ke pintu IX - Asia Afrika -Jalan Gerbang Pemuda - Fly over Farmasi - Gatot Subroto - Semanggi belok kiri ke Jalan Sudirman Thamrin atau di Semanggi diluruskan ke Kuningan - Jalan Rasuna Said dan seterusnya.

Untuk diketahui, pemanggilan Habib Rizieq hari ini adalah terkait kasus dugaan penodaan terhadap mata uang rupiah yang baru. Rizieq menyebutkan dalam ceramahnya yang diunggah di Youtube akun FPI TV pada 25 Desember 2016 yang menyatakan ada lambang palu arit di mata uang baru. "Ini duit baru, ada dua ribu, lima ribu, 10 ribu, 20 ribu, lagi-lagi Palu Arit. Lihat cetakannya, ini palu arit, bolak balik juga Palu Arit," kata Rizieq dalam video tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement