Rabu 04 Jan 2017 07:49 WIB

Cara Sylvi Asah Kemampuan Jelang Debat Kandidat

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Cawagub DKI Jakarta Sylviana Murni.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Cawagub DKI Jakarta Sylviana Murni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sylviana Murni mengklaim dirinya sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk menjalani debat kandidat yang akan dilaksanakan KPU DKI pada Januari dan Februari. Persiapan yang dimaksud Sylvi adalah bertemu dan mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat Jakarta.

"Dari 3 bulan sudah ada. Inilah persiapan saya, bertemu warga, mendengarkan warga. Kalau dari masterplan, program, Insya Allah saya sudah paham karena saya sudah di dalam (pemerintahan) 31 tahun," kata Sylvi di Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (3/1).

Menurut mantan wali kota Jakarta Pusat itu, bertemu dengan masyarakat secara langsung lebih efektif dalam upayanya mempersiapkan diri menghadapi debat kandidat cagub-cawagub DKI 2017. Itu tak lain karena menurutnya, teori bisa dikalahlan dengan praktek di lapangan. Apalagi, kebutuhan masyarakat di satu tempat dengan tempat lainnya berbeda-beda.

"Teori bisa dikalahkan dengan praktek di lapangan. Jadi saya banyak belajar bukan hanya dari akademisi, tapi juga dari warga setempat. Itu perlu karena di setiap lokasi beda kasusnya, beda pula penanganannya," kata Sylvi.

 

Selain menyapa masyarakat secara langsung, mantan Plt Kasatpol PP itu juga mengasah kemampuan debatnya dengan memdengarkan masukan dari para ahli. Terlebih, perempuan yang pernah dinobatkan menjadi None Jakarta di tahun 1981 itu menyadari, dirinya tidak menguasai semua bidang untuk upayanya memajukan ibu kota.

"Saya juga menyiapkan masukan dari berbagai ahli, berdialog sama para ahli. Kan saya tidak ahli di semua bidang, seperti masalah ekonomi, kayak SKPD, masalah infrastruktur. Saya harus belajar, saya harus mempelajari dan melihat lapangan," ucap Sylvi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement