Selasa 27 Dec 2016 14:46 WIB

Ini Dia 5 Panggung Acara Malam Tahun Baru di Jakarta

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana malam tahun baru di Ancol yang kerap diramaikan pengunjung
Suasana malam tahun baru di Ancol yang kerap diramaikan pengunjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah mengatakan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono kemungkinan berada di Ancol saat acara Tahun Baru. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, membuka lima panggung untuk acara malam Tahun Baru.

Lima panggung tersebut berlokasi di Jalan Thamrin atau Gedung Pembangunan Jaya (panggung pendukung), Jalan Imam Bonjol atau Bundaran HI (panggung utama), Pertigaan Setiabudi atau Gedung Chaze Plaza (panggung pendukung), Pertigaan Bendungan Hilir (panggung pendukung), dan Lapangan Futsal Monas (panggung pendukung).

"Ada lima titik. Tadi kita sudah bagi tugas. Masyarakat dapat menikmati Tahun Baru dengan senang dan riang gembira. Tapi kalau ada masyarakat yang memilih merayakan Tahun Baru dalam bentuk lain, misalnya mau beribadah di tempat ibadah, di masjid, gereja, pure dengan cara berdoa, berzikir, dipersilakan," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/12).

Saefullah mengatakan acara Tahun Baru ini akan diisi oleh band-band top dan kesenian tradisional. Beberapa pengisi acaranya adalah Noah, Geisha, Wali, Setia Band. Mereka akan menghibur masyarakat di Pantai Karnaval Ancol. Kemudian artis Vina Panduwinata akan mengisi acara malam tahun baru di Putri Duyung Ancol.

Sementara itu tema acara, Saefullah menuturkan, adalah 'Kita Semua Bersaudara'. "Ini sangat universal, mirip dengan damkar pantang pulang sebelum padam. Kalimat kita semua bersaudara, sangat universal," ujarnya menjelaskan tema Tahun Baru

Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) juga turut dilibatkan untuk acara Tahun Baru ini. Pemprov DKI Jakarta meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Biro Umum DKI Jakarta, Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN), Dinas Perhubungan  (Dishub), Kepolisian, Satpol PP untuk ikut terlibat dalam acara tersebut. "Minimal memberikan hiburan kepada masyarakat dalam tahun baru," katanya.

Acara ini  memakan anggaran sebesar Rp 340 juta. Namun ada beberapa dukungan atau support dari Biro KDH-KLN dan Biro Umum berupa panggung. "Ada juga CSR dari BUMD, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan. Tidak dalam bentuk uang tapi aktivitas pembersihan kota. Pagi-pagi, kita harap sudah bersih," ujarnya.

Sisi lain, saat perayaan Tahun Baru, Saefullah menegaskan, tidak ada kegiatan car free day. Kegiatan car free day akan diganti dengan car free night sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement