Jumat 23 Dec 2016 23:49 WIB

Mendikbud dan Menkominfo Koordinasi UN Berbasis Komputer

Rep: Mabruroh/ Red: Bayu Hermawan
  Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).   (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Koordinasi ini dalam upaya untuk menyiapkan jaringan internet bagi sekolah-sekolah yang siap ujian nasional dengan komputer.

"Saya juga sudah koordinasi dengan Bapak Menkominfo minta tambahan-tambahan untuk jaringan internet di beberapa sekoah yang sekarang belum terpasang," kata Muhajir di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (23/12).

Saat ini menurutnya sudah ada puluhan ribu sekolah yang siap untuk melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 nanti. Targetnya sekitar 60 persen sekolah-sekolah dapat melaksanakan UNBK.

"Target 60 persen (sekolah) menggunakan UN menggunakan komputer. Tapi kelihatannya tidak sampai, untuk SMA/SMK kira-kira bisa sampai 80 persen tapi untuk SMP kira-kira baru 30 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, tambahnya saat ini juga sudah disiapkan tim untuk melakukan pengecekan kesiapan komputer di lapangan. Atau kata dia bisa juga disiapkan dengan cara shift, yakni bergantian.

"Shift jadi pertama SMK dulu, baru SMA tapi komputernya sama," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement