Jumat 23 Dec 2016 18:44 WIB

Jembatan Cisomang Rusak, Aher Minta Wisatawan ke Jabar tak Khawatir

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Jembatan Cisomang jalan tol Purbaleunyi.
Foto: Dok. Istimewa
Jembatan Cisomang jalan tol Purbaleunyi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan pengguna jalan tol yang menuju Jawa Barat tidak perlu takut melewati Tol Purbaleunyi. Menyusul kerusakan pada tiang Jembatan Cisomang yang tengah dalam perbaikan.

Heryawan menyebutkan wisatawan tidak perlu khawatir melalui tol tersebut. Mengingat libur panjang jelang Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, kondisi tersebut hanya berbahaya jika dilewati kendaraan bermuatan berat. Sementara kendaraan pribadi yang kecil masih diperbolehkan melintas.

"Jadi itu (Jembatan Cisomang) tidak bisa menahan beban kendaraan yang berat. Truk, bus keluar dulu ke kawasan Purwakarta lalu masuk tol lagi. Tapi di luar itu nggak masalah," kata pria yang akrab disapa Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (23/12).

Namun, Aher mengimbau masyarakat untuk mematuhi anjuran yang dikeluarkan pengelola jalan tol. Ia meminta pengguna jalan tol tetap menjaga kehati-hatian. Dengan demikian, kata dia, tidak terjadi hal yang membahayakan selama masa perbaikan.

"Mobil kecil itu masih normal, hanya saja perlu hati hati dan diatur kecepatanya," ujarnya.

Ia mengapresiasi tim pengawasan jalan tol terowongan dan jembatan yang dengan sigap mendeteksi kerusakan tiang Jembatan Cisomang. Hal ini membuktikan berperan aktif pengawasan sehingga mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan bisa dihindari.

"Itu bagus itu terdeteksi. Dan harus ada pemeriksan berkala," ucapnya.

Aher meminta agar penyelesaian perbaikan jembatan Cisomang dapat berjalan dengan cepat dan berkualitas. Hal itu seiring dengan tingginya pengguna jalan di jalur tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement