Jumat 23 Dec 2016 15:13 WIB

Ribuan Siswa Meriahkan MTQ Pelajar di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Membaca Alquran
Foto: MGROL
Membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat pelajar di Kota Sukabumi yang dibuka Jumat (23/12) cukup meriah. Sekitar dua ribu orang pelajar mulai dari tingkat TK hingga SMA ikut serta dalam kegiatan tersebut.

MTQ Pelajar ke VII Kota Sukabumi dimulai dengan pawai ribuan peserta dari tujuh kecamatan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Selepas itu dilanjutkan acara pembukaan di gedung Pusat Kajian Islam (Puski) Kota Sukabumi. "MTQ Pelajar sudah rutin digelar dan tahun ini merupakan yang ke tujuh," kata Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dede Nurdin kepada Republika.co.id.

Pada tahun ini tema yang diangkat dalam MTQ yakni dengan semangat MTQ Pelajar kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran sebagai perwujudan akhlakul karimah menuju Kota Sukabumi rahmatan lil’alamin. Kegiatan MTQ Pelajar tersebut ujar Dede memang digelar untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan seni baca tulis Alquran di kalangan pelajar. Selain itu lanjut Dede untuk menggali dan mengembangkan potensi pelajar yang memiliki bakat dalam bidang seni baca tulis Alquran. Tujuan lainnya yaitu menyiarkan agama Islam melalui pendekatan dakwah.

Kasubag Agama dan Pendidikan, Bagian Administrasi Kesra Kota Sukabumi Agus Heryanto menambahkan, jumlah peserta pawai pembukaan MTQ Pelajar mencapai sekitar 2.000 orang. Ribuan pelajar tersebut berasal dari tingkatan TK, SD, SMP hingga SMA yang ada di Sukabumi.

Cabang yang dilombakan dalam MTQ Pelajar sambung Agusng mencapai tujuh kategori. Diantaranya cabang tilawa, Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ), dan kaligrafi untuk tingkat SD,SMP, dan SMA sederajat. Selain itu cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ). Pada tahun ini pula diadakan lomba mewarnai kaligrafi dan busana muslim untuk TK, RA, dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement